Bulungan

Stiker “Ayo Pakai Masker” Ditempel di Kendaraan Umum

Penempelan stiker imbauan memakai masker di kendaraan umum. (Foto: Ramlan)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran tetap memakai masker, jajaran Dit Lantas Polda Kaltara menyebarkan stiker “Ayo Pakai Masker” yang ditempel di sejumlah kendaraan umum di Ibukota Kaltara, Tanjung Selor.

Kapolda Kaltara Irjen Bambang Kristiyono melalui Dir Lantas Kombes Raden Rhomdon Natakusuma mengatakan, penempelan stiker imbauan memakai masker di kendaraan umum ini dinilai cukup efektif.

Menurutnya, kendaraan umum cukup aktif lalu lintasnya sehingga akan sering diperhatikan oleh masyarakat.

“(Penempelan stiker) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu memakai masker. Karena ini (menggunakan masker) merupakan salah satu upaya untuk mencegah Covid-19, selain mencuci tangan dan jaga jarak,” katanya kepada Koran Kaltara, Sabtu (26/9/2020).

Selain sifatnya memberikan edukasi, masyarakat juga diharapkan bisa sadar bahwa penerapan protokol kesehatan baik penggunaan masker, jaga jarak hingga cuci tangan adalah sangat penting.

Selain di kendaraan umum, sejumlah kendaraan dinas milik Dit Lantas Polda Kaltara juga diberikan stiker. Sehingga, stiker-stiker “Ayo Pakai Masker” semakin banyak tersebar di seluruh wilayah Kaltara.

“Kita harapkan dengan adanya stiker ini, kita juga bisa doktrin masyarakat. Kalau menggunakan masker itu sebagai kebutuhan. Sama ketika HP kita sendiri, sudah terdoktrin menjadi kebutuhan kita.

Jadi kita tumbuhkan paradigma ketika kita tidak pakai masker, malah ada sesuatu yang kurang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, tidak hanya di Ibukota Kaltara, penyebaran stiker “Ayo Pakai Masker” juga dilaksanakan di seluruh jajaran Sat Lantas di seluruh polres wilayah hukum Polda Kaltara.

Sedangkan untuk di tempat-tempat umum, pihaknya tidak menyebarkan stiker melainkan spanduk yang cukup besar.

“Kita juga ada sebarkan spanduk. Jadi kalau di tempat-tempat umum, seperti pasar, pelabuhan, bandara dan tempat-tempat lain kita pasang spanduk,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah