Headline

Spesimen Surat Suara Pilgub Disetujui

Spesimen surat suara pada Pilgub 2020 ditunjukkan oleh Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami, (16/10/2020). (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Setelah Disetujui KPU RI, Lanjut Dilakukan Pengadaan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Di tengah tahapan kampanye pada Pemilihan Serentak Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tengah persiapkan pengadaan logistik, termasuk surat suara. Namun, lebih dulu disiapkan spesimen surat suara berdasarkan jumlah peserta khususnya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Dalam spesimen itu, diperlihatkan foto dari tiga pasangan calon (Paslon) yang telah ditetapkan KPU beberapa waktu lalu. Yakni nomor urut 1 pasangan Udin Hianggio – Undunsyah, nomor urut 2 pasangan Irianto Lambrie – Irwan Sabri, dan pasangan nomor urut 3 pasangan Zainal Arifin Paliwang – Yansen TP.

Pada Hari Jumat (16/10/2020), seluruh paslon telah menyetujui spesimen surat suara tersebut. Ditandai dengan paraf para paslon atau timnya yang dibubuhi di dalam spesimen surat suara tersebut.

“Proses awalnya kita undang tim paslon oleh LO untuk serahkan foto yang nantinya digunakan dalam surat suara. Mekanisme selanjutnya kami lakukan pengecekan. Sejauh mana kualitas atau resolusi fotonya. Beberapa kali kita minta perbaiki untuk tinggikan resolusinya sampai kemudian didapatkan hasil maksimal. Kemudian hari ini (kemarin), kita mengundang paslon atau timnya, setelah pengecekan sesuai dengan kapasitas. Ini menjadi bagian proses dimana kami minta persetujuan paslon, tim kampanye atau LO dengan memberikan paraf,” terang Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami.

Selanjutnya, setelah spesimen itu disetujui oleh ketiga peserta Pilgub Kaltara, akan disampaikan kembali ke KPU RI. Sebelum pengadaan atau dicetak dalam jumlah banyak, KPU RI terlebih dahulu memberikan persetujuan.

“Hasilnya, kami akan sampaikan ke KPU RI di perencanaan dan data, dan divisi administrasi untuk diparaf. Selanjutnya akan diproduksi oleh perusahaan yang memenangkan lelang pengadaan surat suara,” terangnya.

Adapun untuk proses pengadaan, Ketua KPU Kaltara yang didampingi sekretaris menyebutkan saat ini masih akan dilelang tahap kedua di KPU RI. Yakni dengan metode pengadaan katalog, dimana prosesnya secara keseluruhan ada di pusat.

“Untuk jumlah yang akan dicetak sesuai dengan DPT (Daftar Pemilih Tetap) ditambah 2,5 persen (per TPS),” tambahnya.

Sementara itu, sesuai dengan spesimen surat suara yang telah ditandatangani dan ditunjukkan ke media, tampak foto nomor urut 1 pasangan Udin Hianggio – Undunsyah mengenakan jas berwarna biru menutupi kemeja putih di dalamnya. Lalu, nomor urut 2 pasangan Irianto Lambrie – Irwan Sabri mengenakan kemeja putih polos. Kemudian pasangan nomor urut 3 Zainal Arifin Paliwang – Yansen TP mengenakan jas hitam dipadu kemeja putih dan dasi merah. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah