Nunukan

Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru, Satgas BUMN Gandeng Pramuka dan PMI

Satgas BUMN bersama Pramuka dan PMI menyosialisasikan Adaptasi Kehidupan Baru di Nunukan. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Satuan Tugas Badan Usaha Milik Negara (Satgas BUMN) Kabupaten Nunukan bersama anggota Pramuka Peduli Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Nunukan, melakukan sosialisasi tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sekaligus memberikan buku panduan AKB dan masker kepada masyarakat Nunukan, di Tugu Dwi Kora Nunukan, Minggu (29/11/2020).

Selain anggota Pramuka dan PMI, ikut terlibat dalam sosialisasi tersebut, yaitu Fungsi LR, PT. Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field, selaku Satgas BUMN Koordinator Nunukan, Rudi Dede Ajusman, staf PT. PLN Rayon Nunukan, Jasa Raharja serta anggota Kepolisian Resort Nunukan.

Dalam pelaksanaan sosialisasi, terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama yang terdiri dari PT. Pertamina, PT. PLN dan Jasa Raharja, berkeliling di Alun-alun Nunukan.

Sedangkan kelompok kedua yang terdiri dari anggota Pramuka dan relawan PMI membagikan masker dan buku panduan kepada pengguna jalan di depan Tugu Dwi Kora Nunukan.

“Sosialisasi ini sangat penting dilaksanakan kepada masyarakat di masa adaptasi kekebiasaan baru untuk meningkatkan kesadaran dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Satgas BUMN Koordinator Nunukan, Rudi Dede Ajusman, Minggu (29/11/2020).

Dia menjelaskan, melalui adaptasi kebiasaan baru, tatanan, kebiasaan dan perilaku masyarakat yang berbasis kepada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Lima aktivitas adaptasi kebiasaan baru, yaitu menggunakan masker, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. Lalu menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan mencari informasi dari sumber yang terpercaya.

Maka dari itu, Satgas BUMN bersama anggota Pramuka dan relawan PMI langsung turun di lapangan, khususnya di Alun-alun Nunukan untuk memberikan informasi dan edukasi tentang lima aktivitas adaptasi kebiasan baru.

Disamping itu pula, diberikan masker dan buku panduan agar menjadi bahan pegangan bagi warga ketika berada dirumah maupun ketika beraktifitas diluar rumah.

Dede mengatakan, dengan melibatkan anggota Pramuka dan relawan PMI, diharapkan mereka bisa ikut menjadi agen informasi dengan menyosialisasikan tentang adapatasi kebiasaan baru di tengah pandemic Covid-19, kepada keluarga, rekan dan lingkungan masing-masing.

“Jika kita lihat sekarang, pada adaptasi kebiasaan baru, kesadaran masyarakat melaksanakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari mulai menurun,” ujar Dede.

Untuk itu kata dia, mencegah penyebaran Covid-19 bukan hanya menjadi tugas pemerintah dan aparat keamanan, namun menjadi tanggungjawab bersama. Karenanya, sudah sepantasnya untuk kita semua saling mengingatkan untuk selaku menggunakan masker saat berpergian, mencuci tangan dengan sabun baik sebelum maupun sesudah beraktifitas serta selalu menjaga jarak. (adv)

Reporter: Sabri

Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah