Politik

Siti Laela Ditunjuk Plt Ketua Golkar Tarakan

Tigor Nainggolan menunjukkan surat yang dikirimnya ke DPD I Golkar Kaltara. (Foto : Sahida)

TARAKAN, Koran Kaltara – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Kaltara menerbitkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD II Golkar Tarakan, kepada Siti Laela dan Sekretaris Sabirin Sanyong sejak 24 Mei lalu. Ditunjuknya Plt ini, kata Ketua DPD II Golkar Tarakan demisioner, Tigor Nainggolan setelah masa jabatan pengurus DPD II sudah habis.

“Mudah- mudahan musyawarah daerah (Musda) tetap dilanjutkan sesuai dengan program,” ujarnya, Senin (7/6/2021).

Sedangkan terkait ditunjuknya Plt, Tigor mengaku menerima. Namun, menurutnya di AD/ART Partai Golkar di bagian kedua anggaran musyawarah dan rapat daerah di pasal 34 poin 6 disebutkan, sebelum Musda maka pimpinan sementara dari DPD tingkat II.

Selain itu, dalam petunjuk pelaksanaan DPP Partai Golkar No. 2 tentang musyawarah dan rapat Partai Golkar, sebelum Musda kabupaten/kota terpilih, maka Musda kabupaten/kota dipimpin oleh DPD Golkar tingkat kota.

“Surat tentang Plt ini baru kami terima 2 Juni. Bukan saya mengotot, saya terima dan tidak ada penolakan. Tapi, Musda Golkar kemarin ditunda kan karena ada arahan dari DPD Golkar Kaltara, karena menunggu hingga Musda DPD Kaltara,” tuturnya.

Menindaklanjuti ditunjuknya Plt, Tigor mengaku sudah membuat surat yang menyatakan menerima surat penetapan Plt.

“Kami hanya mengingatkan saja, supaya penunjukkannya tidak melanggar aturan di dalam Partai. Ya sesuai aturan lah, supaya tidak adalagi perdebatan,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Tarakan, Sofyan Udin Hianggio menuturkan karena sudah ada Plt, maka ia sudah menjadi demisioner.

“Rencana awalnya Musda kan dilakukan tahun lalu, terus ditunda. Dari Pusat mengintruksikan untuk Musda tingkat kota menunggu setelah Pilkada dan setelah Musda DPD I Provinsi Kaltara. Musda di Tarakan dengan melalui proses Plt, karena masa jabatan pengurus yang lama sudah habis, tahun lalu. Pelaksanaan Musda juga akan dilakukan panitia nantinya,” ungkapnya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Rifat Munisa