Bulungan

Siapkan TPS Khusus di Rutan Polres

Rutan Polres Bulungan akan ditempatkan 1 TPS saat pencoblosan Pilkada 9 Desember mendatang. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – KPU Bulungan akan menempatkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus bagi para tahanan dan narapidana (napi) yang sedang menjalani proses hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Bulungan. Penempatan TPS di Rutan itu, diatur berdasarkan PKPU Nomor 17 Tahun 2020, terkait pemuktahiran pemilih.

“Ada dalam dalam pasal 33 A terkait warga rutan. Dalam pasalnya itu, jika dalam rutan paling sedikit 30 orang yang beridentitas didaerah pemilihan, maka potensi bisa diadakan TPS khusus,” kata Komisioner KPU Bulungan, Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Mistang kepada Koran Kaltara.

Dia mengungkapkan, potensi adanya TPS itu sangat dimungkinkan jika melihat jumlah penghuni yang ada di rutan Polres Bulungan cukup banyak. Berdasarkan hasil koordinasi beberapa waktu lalu, sedikitnya ada 141 warga Rutan yang masih menjalani proses hukuman.

Pihaknya pun, lanjut Mistang masih terus melakukan koordinasi dengan pihak Polres Bulungan. Koordinasi yang dibangun itu untuk memastikan, tidak ada lagi warga binaan rutan Polres Bulungan yang dipindahkan ke Lapas ataupun dinyatakan bebas.

“Karena jangan sampai sudah kita tetapkan sebagai DPT (daftar pemilih tetap), tapi ternyata dipindahkan (ke Lapas) sebelum pencoblosan (9 Desember) ataupun bebas. Ini yang akan kita koordinasikan terus,” jelasnya.

Pengadaan TPS di rutan itu, kata dia, sebagai upaya KPU Bulungan untuk memastikan hak pilih para napi di rutan Bulungan. Karena, meskipun masih menjalani proses hukum, para napi pun berhak untuk memilih dalam setiap pagelaran pesta demokrasi.

“Awalnya kita, mereka (para napi dan tahanan) akan dilayani oleh TPS bergeser. Artinya, mereka nantinya akan dilayani oleh TPS yang paling dekat dengan rutan Polres Bulungan. Tapi karena dalam PKPU juga diatur, maka satu TPS akan kita tempatkan disitu (rutan Polres Bulungan),” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah