Advertorial

Siapkan Pejabat Profesional, Pemkab Gelar Uji Kompetensi

Bupati Bulungan Syarwani membuka pelaksanaan uji kompetensi secara virtual. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR – Sebagai salah satu cara menyiapkan pejabat profesional, serta meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemkab Bulungan menggelar uji kompetensi yang diikuti para ASN, utamanya pejabat eselon di lingkup Pemkab Bulungan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari (3-6 Agustus) ini, secara resmi dibuka Bupati Bulungan Syarwani, secara virtual pada Senin (2/8).

Dikonfirmasi lebih jauh, terkait uji kompetensi tersebut, Bupati mengatakan, ini sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kinerja pegawai di lingkungan Pemkab Bulungan. Setidaknya ada 21 pegawai yang mengikuti uji kompeteni Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama ini.

“Jadi adanya uji kompetensi itu bisa menjadi evaluasi dan referensi bagai Pembina kepegawaian, dalam hal ini bupati. Dalam rangka untuk melihat kelayakan dan komepetensi masing-masing pejabat,” ujarnya.

Bupati berharap, melalui kompetensi yang diselenggarakan sejak kemarin itu, pihaknya bisa mendapat gambaran. Terutama dalam hal penempatan ataupun kedepannya jika dilakukan mutasi.

“Pada akhirnya nanti kewenangan mutasi dan rotasi dilakukan, maka hasil uji kompetensi itu bisa menjadi pertimbangan dalam rangka penempatan seseorang pada jabatan tertentu,” kata bupati.

Ia mengungkapkan, ada rencana pihaknya melakukan mutasi. Namun begitu kapan waktunya, bupati belum menyebut. Untuk sementara tegasnya, menyelesaikan proses tahapan uji kompetensi terlebih dahulu.

Di sisi lain, imbuh dia, adanya uji kompetensi tersebut juga diharapkan bisa memicu semangat untuk peningkatan kinerja ASN di lingkungan Pemkab Bulungan.

“Paling tidak ada tahapan atau mekanisme yang dilakukan dahulu, sesuai dengan ketentuan yang ada. Beda lagi adanya jabatan yang kosong tentunya kita akan proses lelang terbuka. Ini untuk mutasi dulu,” tutupnya. (adv/an)