Politik

Siap Diposisikan di Mana Saja

MASIH SANTAI - Ingkong Ala tampak belum memberikan kepastian pasangan di Pilkada tahun ini. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Ingkong Ala: Sejauh ini Belum Ada yang Deal 

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sejumlah nama kian mencuat pada bursa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Bulungan. Bahkan ada dua bakal kandidat yang telah memastikan berpasangan, yakni Faridil Murad dengan Masnur Anwar lewat jalur perseorangan dan Sigit Muryono dengan Markus Juk lewat jalur partai politik.

Selain itu, nama-nama lain juga turut meramaikan jagat dunia maya, seperti Najamuddin yang digadang-gadang berpasangan dengan Ari Yusnita. Ada pula nama Syaiful Herman, Syarwani, Idewan Budi Santoso, hingga nama Ingkong Ala yang saat ini masih menjabat Wakil Bupati Bulungan.

Dikonfirmasi media, Ingkong Ala mengaku belum memutuskan untuk maju di Pilbup Bulungan atau Malinau. Pasalnya, sebagai kader yang menjabat Ketua DPD Hanura Kaltara, ia belum melakukan ‘gerilya’ di pusat seperti beberapa tokoh lainnya.

“Sejauh ini belum ada yang deal. Semua masih berjalan, proses. Dan, apalagi sekarang kita belum pernah mengurus ke DPP,” ungkapnya, Senin (29/6/2020).

Diketahui, Hanura di Bulungan memiliki modal 3 kursi di DPRD. Artinya, untuk menjadi satu perahu pengusung, membutuhkan koalisi dengan total 7 kursi sebagai syarat ambang batas pencalonan.

Informasi yang ia peroleh, DPP Hanura menunggu kepastian pasangan sebelum memberikan mandat, di samping menunggu gambaran koalisi partai.

“Kalau ke DPP itu harus lengkap dengan nama pasangan, wakil bupati, bupatinya, baru kemudian SK-nya keluar. Itupun tergantung dengan hasil survei,” terangnya.

Sebagai orang nomor dua di Bulungan saat ini, ia juga tidak ngotot harus mencalonkan sebagai bupati. Belakangan, namanya disandingkan dengan Syarwani dan Idewan Budi Santoso. Menurutnya, kembali mencalonkan sebagai wakil bupati, tidak menjadi masalah baginya.

“Siap saja (nomor dua), yang penting ada yang mau gandeng. (Syarwani atau Idewan Budi), semua baik, nanti kebijakan DPP putusannya,” sebutnya sembari berkelakar.

Lebih jauh ditanya soal kedua nama yang disandingkan dengannya, Ingkong Ala menyebutkan peluangnya masih sama. Meski antara dua nama itu, berbeda latar belakang, tidak menjadi jaminan untuk mendapatkan rekomendasi dari partai politik.

“Walaupun mereka tidak punya partai, tapi mungkin mereka kantongi partai. Jadi kita tidak memastikan, tidak punya partai belum tentu tidak kantongi rekomendasi, itu semua tergantung hasil survei. Saya yakin prinsip partai semua sama,” tambahnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah