Malinau

Semua Desa di Malinau Diupayakan Tak Lagi Blank Spot

Salah satu pembangunan tower di Malinau tahun 2020. 9Foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Tahun 2021, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malinau berupaya agar 109 desa di Malinau tidak blank spot.

“Dengan kata lain, seluruh desa di Malinau ini, sudah tidak ada lagi yang tidak bisa dihubungi dengan telepon seluler,” ujar Kadiskominfo Malinau Agustinus kepada Koran Kaltara, Kamis (14/1/2021).

Agus menuturkan, pihaknya akan tetap menindaklanjuti empat desa yang diusulkan pada tahun 2020, untuk bisa terlaksana tahun 2021 ini.

“Memang masih ada empat desa yang kita usulkan di tahun 2020. Nah empat desa ini juga sudah disurvei pihak Bakti,” jelasnya.

Keempat desa itu, yakni Desa Long Lake, Desa Long Alanga Kecamatan Malinau Selatan Hulu, Desa Laban Nyarit Kecamatan Malinau Selatan dan Desa Seruyung Kecamatan Malinau Utara.

“Sebenarnya, tahun lalu, empat desa ini sudah disurvei dan menentukan titik koordinat yang akan dipasang akses jaringan internet,” ujarnya.

Tahun ini, kata Agus, pihaknya akan kembali mengomunikasikan hasil survei tersebut. “Kita akan mengkomunikasikan kembali ke Bakti dan Kominfo bagaimana tindaklanjut dari hasil survei tahun lalu itu,” tegasnya.

Dia mengatakan, pada 23 Desember 2020, pihaknya mendapatkan surat dari Kementerian Kominfo melalui Bakti. Pemda diminta klarifikasi lokasi pembangunan tower.

“Dari surat itu, sebenarnya yang diminta bukan empat desa yang disurvei, tetapi berpindah di lokasi desa yang baru,” ungkapnya.

Menurut dia, lokasi dalam surat dari Bakti tersebut justru tidak blank spot. “Sebenarnya lokasi di beberapa desa yang sesuai surat Bakti itu, justru tidak blank spot. Seperti Desa Long Lame, Desa Temuyak, Long Bayau, Long Uru, Sungai Barang dan Long Tebulo,” jelasnya.

Namun, kata dia, pihaknya hanya bisa mengikuti aturan dari pemerintah pusat melalui Bakti. “Karena memang disarankan Bakti, ikuti saja. Karena nanti akan disurvei lagi ke lapangan,” jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengisi sesuai permintaan, mulai kawasan dan akses jaringan.

“Padahal, kalau di lapangan itu akses jaringan dari Long Tebuyat itu bisa dari Long Ampung. Begitu juga Long Uru. Termasuk Sungai Barang dan Long Tobulo. Tapi, kita ikuti saja. Kan nanti dilihat dari surveinya,” jelasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah