Tana Tidung

Sempat Zero, Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 di KTT Bertambah 5 Orang

Idham Noor

TANA TIDUNG, Koran Kaltara– Setelah sempat zero kasus Covid-19 selama sepekan, di Kabupaten tana Tidung (KTT) kembali terdapat kasus baru sebanyak lima orang, Jumat (20/11/2020). Semua pasien konfirmasi positif berasal dari Desa Tideng Pale, Kecamatan Sesayap.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 KTT, Idham Noor mengatakan, semua kasus tersebut merupakan kasus import dari Tarakan. Dia mengkhawatirkan akan terjadi ledakan kasus dengan banyaknya jumlah kontak erat dari pasien tersebut.

“Dari lima orang pasien terkonfirmasi positif ini, empat di antaranya berasal dari kasus import Tarakan sementara satu orang transmisi lokal. Saat ini kontak erat dari lima pasien ini juga cukup banyak, semoga saja tidak ada penambahan kasus lagi,” katanya, Sabtu (21/11/2020).

Ke-5 pasien ini sedang ditangani dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Akhmad Berahim yang berada di Desa Tideng Pale Timur, Kecamatan Sesayap. Sementara itu, saat ini kasus suspek sebanyak enam orang.

Bertambahnya lima kasus baru, maka akumulasi kasus hingga saat ini sebanyak 17 orang. Pasien yang sudah sembuh 12 orang dan masih dirawat lima orang.

“Kontak erat sekarang menjadi 51 orang dan ini penambahan dari hari sebelumnya sebanyak 41 orang. Ini yang kita khawatirkan meledak terjadi penambahan tapi semoga saja tidak dan discarded negatif swab sebanyak 318 orang,” jelas dia.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya lebih berhati-hati terutama saat melakukan perjalanan keluar daerah yang masuk dalam zona merah maupun zona hitam.

Selain itu, tetap melakukan berbagai tindakan antisipasi yakni menjalankan protokol kesehatan (prokes) semaksimal mungkin. Pastikan terus menggunakan masker, mencuci tangan sesering mungkin sebelum dan sesudah beraktivitas kemudian membiasakan menjaga jarak atau menghindari kontak fisik dengan orang di sekitar. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah