Ekonomi Bisnis

Selama PSBB, Pelindo Pastikan Bongkar Muat Logistik Lancar

GM Pelindo Tarakan, Enrico Fermi

TARAKAN, Koran Kaltara – Selama pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tarakan berefek pada kegiatan bongkar muat di pelabuhan Malundung Tarakan.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Tarakan Enrico Fermi mengatakan, meski untuk penumpang sudah tidak ada sama sekali, tetapi untuk kegiatan bongkar muat logistik masih berjalan.

“Untuk barang kita harus jaga, kalau kita menghalangi kegiatan bongkar muat barang apa yang terjadi di Kota Tarakan, pasti ada kelangkaan,” jelasnya, Senin (18/5/2020).

Kelancaran bongkar muat barang khususnya logistik adalah tugas Pelindo, namun selama pandemi Covid-19 dan PSBB kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Malundung Tarakan mengalami penurunan, khususnya barang.

“Penurunan dari barang, contohnya peti kemas yang mengangkut barang-barang kebutuhan pokok dan barang lainya mengalami penurunan sampai 9 persen,” terangnya.

Setiap bulanya rata-rata sekitar 4.000 kontainer tiba di Tarakan melalui Pelabuhan Malundung Tarakan. Namun selama pandemi Covid-19 dan PSBB turun di kisaran rata-rata 3.500 kontainer.

“Bahkan kecenderungan di bulan April justru turun lagi sampai 3.200, jadi kita kehilangan sekitar 800 kontainer yang tidak datang selama pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Logistik yang datang sebagian besar berasal dari Surabaya. Kemudian pabrik-pabrik di Surabaya selama PSBB produksi tidak maksimal sehingga jadi terdampak.

“Kapal kargo yang masuk ke Tarakansebanyak 8 kapal per bulan dari dalam negeri sebanyak 3.000 kontainer,” imbuhnya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah