Ekonomi Bisnis

Selama Pandemi Permintaan Ekspor Kayu Olahan Masih Tinggi

Komoditas dari Kaltara diekspor ke AS. (Foto: Istimewa/Karantina Pertanian)

TARAKAN, Kota Kaltara – Selama pandemi Covid-19 kegiatan ekspor kayu olahan dari Kalimantan Utara (Kaltara) masih berjalan normal. Salah satu pasar ekspor kayu olahan dari Kaltara yakni Amerika Serikat.

Sesuai dengan permintaan Amerika Serikat, ekspor kayu olahan dari Indonesia harus dinyatakan sehat dan disertifikasi oleh Karantina Pertanian.

Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby mengungkapkan, kayu olahan merupakan komoditas ekspor unggulan dari Kaltara. Selama pandemi Covid-19 kegiatan ekspor tetap berjalan.

“Kami Karantina Pertanian Tarakan berkomitmen untuk terus mendorong dan memfasilitasi kegiatan ekspor komoditas pertanian yang ada di Kaltara,” jelasnya, Sabtu (27/6/2020).

Akhmad mengatakan, berdasarkan data dari IQFAST (Indonesian Quarantine Full Automatic System) selama kurun waktu enam bulan di 2020, Karantina Pertanian Tarakan telah melakukan sertifikasi 5.857 M3 kayu olahan dengan nilai ekonomi Rp32 milliar tujuan ekspor Amerika Serikat.

“Kemarin (Jum’at, 26/6/2020) sebanyak 2.529,34 M3 kayu olahan dari Kaltara senilai Rp16 milliar telah disertifikasi dan dinyatakan sehat dan siap ekspor ke Amerika Serikat,” katanya.

Akhmad menambahkan, selain pasar Amerika, produk kayu olahan dari Kaltara juga diekspor ke berbagai negara, seperti India, Malaysia, Korea dan Jepang.

Kegiatan ekspor kayu olahan atau plywood dari Kaltara, dilakukan melalui pelabuhan Malundung Tarakan langsung ke negara tujuan tanpa harus transit ke Surabaya atau Jakarta.

Dia juga menegaskan, bahwa Karantina Pertanian bukan menjadi penghambat, namun menjamin kesehatan komoditas pertanian yang diekspor.

Hal itu juga dalam rangka mendukung gerakan tiga kali lipat (Gratieks) dari Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina pertanian.

“Karantina menyambut baik, bagi pelaku usaha eksportir di Kaltara untuk melakukan ekspor komoditas pertanian ke berbagai negara tujuan,” pungkasnya. (*)

BACA JUGA: Masa Pandemi Covid-19, Plywood Kaltara Tetap Ekspor ke AS 

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah