Hukum Kriminal

Selama Pandemi Covid-19, Penyalahgunaan Narkoba Meningkat

Kepala BNNK Tarakan, Agus Surya Dewi

TARAKAN, Koran Kaltara – Peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) 2020 bertepatan dengan suasana pandemi Covid-19.

Namun, transaksi barang terlarang tersebut seolah tak mengenal musim penyalahgunaan narkotika justru naik 15 persen secara global.

“Selama pandemi Covid-19 kemungkinan besar meningkat yang terjadi di Tarakan barang datang dari seberang (Malaysia) lalu dibawa lagi ke daerah lain, di sini hanya transit saja. Ada kenaikan dalam beberapa bulan terakhir, tetapi untuk memastikan harus ada uji penelitian, bahkan berdasarkan kasus yang selama ini dibongkar jumlahnya berton-ton secara nasional,” terang Kepala BNNK Tarakan, Agus Surya Dewi, Jumat (26/6/2020).

Peningkatan jumlah pengguna atau penyalahgunaan narkotika, harus diimbangi dengan rehabilitasi, karena pengguna atau konsumen akan turun jika mereka sadar bahwa mengonsumsi narkotika tidak baik bagi kehidupan.

Jika penjualan tidak laku, maka dengan sendirinya kasus penyalahgunaan narkoba akan berkurang dan hilang.

Menurutnya, barang dari luar didrop ke Indonesia, karena pasar Indonesia banyak dan besar. Kemudian barang yang dipasarkan pasti laku dijual serta habis.

“Pidana tegas mati dan dimiskinkan harta menjadi program sekarang. Untuk rehabilitasi, ya kami berupaya ke depan bisa rawat jalan serta kita menyampaikan kepada pengguna bahwa rehabilitasi tidak dipidanakan dan gratis. Rehabilitasi di Kaltara berada di Tanjung Palas, milik BNNP Kaltara,” ungkap Dewi.

Wali Kota Tarakan, Khairul menambahkan, memasuki tahapan new normal ini akan ada kesadaran yang muncul dari masyarakat pengguna untuk tidak mengonsumsi narkotika.

“Kalapas Tarakan juga lapor, bahwa di sana penuh dan didominasi oleh penyalahgunaan narkoba. Ini menjadi salah satu pemikiran kita untuk mengatasinya dan ini diutamakan pencegahan. Harus ada upaya supaya pengguna bisa lebih sadar karena tanpa narkotika bisa lebih produktif dan lebih bahagia,” imbuhnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah