Ekonomi Bisnis

Selama 2020, BPSK Tarakan Selesaikan Puluhan Sengketa

Ketua BPSK Tarakan, Hidayat

TARAKAN, Koran Kaltara – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Tarakan selama tahun 2020 telah menyelesaikan puluhan sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha. Dari sejumlah kasus, paling banyak adalah kasus produk kedaluwarsa.

Ketua BPSK Tarakan, Hidayat mengatakan, BPSK memiliki tugas fungsi yaitu menyelesaikan sengketa antara pelaku usaha dengan konsumen, pencegahan terjadinya sengketa dan pengawasan.

“Kita lakukan pengawasan khusus kepada barang-barang yang berpotensi merugikan konsumen. Misalnya pelaku usaha menaikkan harga barang di atas HET, itu kita awasi. Begitu juga barang kedaluwarsa,” katanya, Senin (16/11/2020).

Jika ditemukan atau ada laporan dari masyarakat, maka BPSK akan menyelesaikan. Namun, jika dalam prosesnya di BPSK tidak ditemukan titik temu dan pelaku usaha tidak mengindahkan, maka kasus diteruskan ke ranah hukum.

“Sejauh ini yang kita fasilitasi semua selesai di tahap mediasi. Pelaku usaha banyak yang kooperatif sehingga masalah cepat selesai. Biasanya memang kita lakukan pembinaan terlebih dahulu,” ujarnya.

Selama tahun 2020 ada sekitar puluhan sengketa antara konsumen dengan pemilik usaha yang sudah diselesaikan oleh BPSK, tidak ada yang sampai ke ranah hukum.

“Beberapa kegiatan yang kita fasilitasi ada temuan seperti barang kedaluwarsa, ada juga yang menyangkut masalah leasing, asuransi perbankan juga telah selesai. Kita fasilitasi. Kita selesaikan melalui mediasi,” katanya.

Ia menambahkan, selama pandemi Covid-19, BPSK rutin melakukan pengawasan di lapangan sebagai langkah pencegahan. Selain itu, BPSK juga mengajak dan mengimbau kepada pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah