Tarakan

Selama 2 Hari, RPH Tarakan Potong 60 Ekor Sapi

Proses pemotongan hewan kurban di RPH Tarakan. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Suasanya rumah pemotongan hewan (RPH) di Jalan Aki Babu, Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kota Tarakan terlihat sibuk di hari kedua Iduladha 1441 Hijriyah, Sabtu (1/8/2020).

Direktur Utama (Dirut) Perumda Agrobisnis Tarakan, Ruslan menjelaskan, selama dua hari RPH telah memotong lebih dari 60 ekor sapi termasuk kambing.

“Alhamdulilah sekitar 60 ekor sapi lebih, rata-rata memotong sapi. Ada juga kambing hari ini, satu kambing,” jelasnya.

Ruslan mengatakan, selama dua hari pemotongan di RPH terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun in ditargetkan selama Hari Raya Iduladha 1441, RPH memotong sekitar 100 ekor sapi.

“Terkait dengan protokol kesehatan Alhamdulilah sudah kita jalankan. Ada pembatasan masyarakat untuk mengurus hewan. Contoh yang masuk satu saja untuk mengawasi sapinya, kemudian satu orang untuk mengangkut saat keluar dari pemotongan,” jelasnya.

Selain protokol kesehatan bagi masyarakat maupun petugas, dari segi kesehatan, hewan yang datang akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan apakah hewan tersebut layak untuk dipotong atau tidak.

“Kita sudah siapkan dokter-dokter hewan untuk memeriksa, dari sebelum dipotong hingga selesai dipotong. Semuanya diperiksa apakah dagingnya layak konsumsi atau tidak,” ujarnya.

Heri, salah satu warga Kelurahan Karang Harapan mengatakan, sejak pagi mengantri untuk memotong hewan kurban.

“Ini lagi potong sapi ke sini, belum dipotong masih antre, sekitar nomor 50-an,” ungkapnya.

Dia memilih memotong hewan kurban di RPH karena mudah dan cukup cepat. “Kita menerima hasil dagingnya untuk dibagikan atau diserahkan kepada yang berhak,” ujarnya.

Dari pantauan media di lapangan, masyarakat datang dan pergi secara bergantian setelah daging sapi selesai dipotong dan diangkut menggunakan mobil pick up, maupun mobil pribadi dengan membuka jok belakang. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah