Advertorial

Sekecil Apapun Bantuan Akan Dilaporkan ke KPK

Wali kota Tarakan menerima bantuan dari pihak swasta untuk penanganan Covid-19. (Humaspro Tarakan)
  • Bantuan Terdata yang Hanya Diterima Lewat Pemkot

TARAKAN – Seluruh bantuan yang diterima Pemkot Tarakan dari berbagai kalangan untuk dibagikan kepada terdampak Covid-19 tercatat dengan rinci. Tak hanya di tahap penerimaan, pun pada tahap pendistribusiannya

Sebab, seluruh data yang masuk dan keluar akan dilaporkan ke berbagai pihak –termasuk KPK- sebagai bentuk pertanggungjawaban.

“Bantuan seperti sembako, Alat Pelindung Diri (APD), suplemen, disinfektan, dan berbagai bentuk bantuan lainya yang diserahkan ke kita akan dipertanggungjawabkan ke arah mana bantuan kita salurkan, termasuk bantuan tersebut dari mana saja,” terang wali kota Tarakan, Khairul, Minggu (31/5).

Selain itu, bantuan yang dikeluarkan dari APBD kota juga akan dilakukan pencatatan secara terperinci. Namun Khairul menegaskan bantuan dari beberapa sumber tersebut yang dicatat hanya yang diterima oleh pemkot Tarakan. Karena ada pihak yang menyalurkan bantuan secara langsung ke masyarakat terdampak Covid-19, namun ikut dilaporkan saat menyerahkan bantuan kepada pemkot Tarakan.

“Tetapi hanya bantuan yang real kita terima yang kita catat. Kalau bantuan yang sudah mereka salurkan tidak masuk dalam catatan kita, nanti pertanggungjawabnya akan sulit,” ucapnya.

Bantuan yang diterima pemkot bermacam-macam, mulai dari beras, gula pasar, minyak dan paket sembako. Namun bantuan yang tidak lengkap, akan dilengkapi terlebih dahulu oleh pemkot Tarakan untuk selanjutnya di salurkan ke masyarakat.

“Makanya kalau dilingkup pemkot Tarakan seperti Dinas Kesehatan dan lainnya tidak boleh membuka donasi, hanya satu pintu yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Semua kegiatan akan ada berita acaranya,” beber Khairul.

“Sekecil apapun bantuan yang masuk dan keluar akan dicatat karena nanti di akhir masa pandemi Covid-19 ini akan kita laporkan ke KPK, Kejaksaan, Kepolisian termasuk juga pendampingan BPKP juga kita sampaikan,” pungkasnya. (adv/yan)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah