Kaltim

Sejumlah Pasar akan Diambil Alih Pemkot Samarinda

BAKAL DIAMBIL ALIH: Kios-kios di Pasar Segiri Grosir yang tutup lantaran sepi pengunjung. Untuk itu perlu dilakukan penataan kembali agar dapat beroperasi dengan baik. (Permata/KK)

SAMARINDA – Sejumlah pasar di Samarinda masih berada di bawah kewenangan pihak ketiga. Dalam hal ini kontraktor atau investor yang membangunnya. Namun dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang, beberapa pasar akan diambil alih oleh Pemkot Samarinda, sesuai dengan kontrak kerjasama yang ada.

Bahkan ada pasar yang hanya tinggal menghitung hari sebelum diambil alih oleh Pemkot Samarinda. Misalnya Pasar Sungai Dama yang pada Agustus mendatang, akan diserahkan kepada Pemkot Samarinda. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Samarinda, Marnabas Patiroy menuturkan, dari informasi yang diterimanya saat ini Pasar Sungai Dama sedang melaksanakan perbaikan. “Sekarang infonya sedang dalam perbaikan. Mulai 1 Agustus nanti akan kita ambil alih,” tutur Marnabas.

Perbaikan yang dilakukan pun didasari lantaran hasil audit menunjukkan ada sejumlah kerusakan dalam bangunan tersebut. Karenanya wajib bagi pihak ketiga memperbaiki bangunan itu sebelum diserahterimakan.

Selain itu, Pasar Kedondong juga kontraknya akan habis pada Juni 2021 mendatang. Saat ini pihaknya sedang berbenah untuk terus menghidupkan pasar-pasar yang ada di Samarinda, agar jangan ada pasar yang sepi dan malah membuat pengusaha dan pedagang gulung tikar.

“Seperti Pasar Pagi Metro yang di lantai duanya Pasar Pagi itu. Ada surat dari penglola bahwa mereka sudah tidak bisa lagi mengelola. Makanya kita mau ambil alih,” imbuhnya.

Selain Pasar Pagi Metro, Segiri Grosir pun turut menarik perhatian Disdag samarinda. Pasalnya dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Kaltim, hasil bagi penghasilan yang dilakukan Pemkot Samarinda tak sesuai dengan keuntungan yang mereka raup di lapangan. Karenanya Marnabas akan melakukan kembali penghitungan-penghitungan agar kedua belah pihak tak ada yang dirugikan. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah