Bulungan

Sehari 4 Unit, Aktivitas Speedboat Bergantian

TRANPORTASI – Speedboat di Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor, Bulungan masih belum seluruhnya beraktivitas. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Aktivitas transportasi di Bulungan masih belum sepenuhnya normal. Selain transportasi darat, transportasi air antar kabupaten kota, yang menggunakan belum beroperasi secara keseluruhan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bulungan Hasan Pemma mengatakan, pengawasan terhadap aktivitas transportasi di lapangan tetap dilakukan. Meskipun diakuinya tidak semua armada angkutan transportasi umum saat ini beroperasi.

“Barangkali belum semua yang beraktivitas. Sementara ini untuk speedboat sudah ada empat yang beroperasi. Pastinya belum bisa normal seperti biasanya, sebelum adanya Covid-19,” ujarnya.

Dari 23 armada speedboat yang ada, untuk pengoperasoan fasilitas angkutan umum itu dilakukan secara bergantian. Dalam sehari tidak semuanya mengangkut penumpang. Menurutnya sementara ini belum memungkinkan semua armada beroperasi, pasalnya jumlah penumpang juga relatif masih minim.

“Penumpangnya juga masih sedikit, belum seperti biasanya lah. Agar bisa sama-sama nyaman dari sejumlah sepeedboat yang ada itu jadinya bergantian. Biasanya itu sekitar dua speedboat per hari, namun itu kemungkinan ada perubahan lagi. Saya belum upadate untuk hari ini,” jelasnya.

Dalam hal ini dirinya juga tetap mengatensi pihak pengelola termasuk di wilayah pelabuhan yang menjadi kewenangan pihaknya, agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

“Begitupun juga untuk transportasi darat, sejauh ini sebenarnya mereka (penumpang dan pelaku usaha) juga telah mematuhi protokol kesehatan yang ada. Phsycal distancingnya juga dilakukan. Tetap pengamanannya itu, kita harus sama-saam menjaga,” sebutnya.

Hal senada juga sempat disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daereah (BPBD) Bulungan Ali Fatokah. Ia berharap seluruh pihak bisa berpartisipasi dalam melakukan pencegahan, sehingga Bulungan kembali normal tanpa Covid-19. “Kita harus bersinergi untuk memutus mata rantai penyebaran, pencegahan harus tetap kita lakukan,” katanya singkat. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah