Tana Tidung

Satu Pasien Covid-19 di KTT Sembuh

Rapid test di Pasar Induk Imbayud Taka, Kecamatan Sesayap. (Foto: Hanifah)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Dari empat warga Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang terkonfirmasi positif, satu pasien corona virus disease 2019 (Covid-19) telah dinyatakan sembuh, Selasa (2/6/2020).

Pekan depan, ketiga pasien lainnya akan diperiksa swabnya dan apakah hasilnya masih positif atau menyusul sembuh.

“Jika hasilnya diperoleh negatif (sembuh), maka tinggal fokus pada penyebaran virus di wilayah kita (lokal),” ujar Bupati Tana Tidung, Undunsyah, Selasa (2/6/2020).

Menurut data, jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 37 orang sedangkan Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak satu orang. Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) nihil.

Bupati menyampaikan, bahwa beberapa yang terkonfirmasi positif terpapar bukan transmisi lokal, melainkan faktor eksternal, yakni masuk dalam klaster Malinau. Oleh karena itu, pengawasan akan dilakukan secara ketat guna mengendalikan penyebaran Covid-19 di KTT.

Sementara itu, kemarin dilakukan rapis test massal para pedagang yang berjualan di Pasar Induk Imbayud Taka, Kecamatan Sesayap.

Rapid test ini dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (DisperindagKop) dan UMKM yang diawasi langsung oleh Bupati Undunsyah bersama Ketua Tim PKK Kabupaten Umi Suhartini serta Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Syachril.

Rapid test diikuti semua pedagang tanpa terkecuali. “Kita takut penyebaran virus di kawasan sarana umum seperti pasar induk sehingga diperlukan untuk melakukan rapid test,” ujar bupati.

Syachril menambahkan, pelaksanaan rapid test sendiri agar pemerintah dan petugas medis dapat mengetahui siapa saja yang berpotensi menyebarkan virus corona dan melakukan tindakan pencegahan. Meskipun, reaktif rapid belum sepenuhnya dinyatakan sebagai orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Rapid test hanya sebagai pemeriksaan penyaring atau skrining, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus corona sehingga para pedagang tidak perlu khawatir saat petugas mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test untuk diperiksa. (*)

BACA JUGA:

Bocah 6 Tahun di Tarakan Sembuh Covid-19

Bertambah 1, Kasus Positif Covid-19 di KTT Menjadi 4 Orang

 

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah