Tana Tidung

Satu Pasien Covid-19 di KTT Dinyatakan Sembuh

Idham Noor

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Satu pasien Covid-19 di Tana Tidung dinyatakan sembuh, akhir pekan kemarin. Dengan demikian, di Tana Tidung tersisa satu pasien konfirmasi positif Covid-19.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 KTT, Idham Noor mengatakan, tingkat kesembuhan pada pasien yang masih dirawat tergolong cukup cepat. Namun, kondisinya saat ini stabil dan saat ini menunggu hasil swab dari Surabaya.

“Sampai sekarang ini kita masih mengandalkan pengiriman hasil swab dari Surabaya. Rata-rata pasien dalam kondisi stabil dan setelah itu kita syukuri hasilnya pun negatif. Jadi ada sembuh satu orang, sisanya satu orang masih dalam perawatan,” ungkap dia, Senin (26/10/2020).

Jumlah akumulasi kasus konfirmasi positif Covid-19 di Tana Tidung hingga Senin (26/10) kemarin sebanyak 12 orang. Dari jumlah itu, 11 di antaranya dinyatakan sembuh.

Kemudian pasien aktif atau masih dalam perawatan dan menunggu hasil uji swab ada satu orang, kasus probable satu orang, discarded 302 negatif swab. Dengan adanya pasien sembuh, penentuan zona di Tana Tidung dinyatakan dengan status zona kuning dan zona hijau.

Zona kuning merupakan zona rendah yang terdapat di Kecamatan Sesayap Hilir. Sementara untuk zona hijau berada di Kecamatan Sesayap, Kecamatan Betayau, Kecamatan Muruk Rian dan Kecamatan Tana Lia.

“Tidak henti-hentinya kita mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan semaksimal mungkin. Utamakan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian mencuci tangan dengan sabun, dan pastikan menjaga jarak supaya aman,” imbau dia.

Tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi amat diperlukan guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di wilayah KTT.

Meskipun sebagai wilayah satu-satunya yang masuk dalam zona hijau, tidak lantas menjadikan masyarakat dan semua pihak bisa lengah dan meremehkan wabah dari Wuhan, China ini.

“Ambil hikmahnya saja dengan adanya wabah ini, sebab kita diajarkan untuk lebih menjaga kebersihan, lebih berhati-hati dengan lingkungan sekitar, dan terus berdoa semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” harap dia.

Pasien Covid-19 Sembuh: Ikuti Anjuran Petugas Kesehatan
Kapolsek Sesayap Hilir, Ipda Marjuki, merupakan pasien Covid-19 yang baru saja dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang ke rumah pada Sabtu (24/10/2020) lalu, merasa bersyukur karena bisa kembali beraktivitas normal.

Sebelum dinyatakan sembuh, yang bersangkutan harus menjalani karantina sehingga tidak bisa melakukan aktivitas normal.

Marjuki menceritakan, awal bulan lalu baru pulang dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan selama kurang lebih dua bulan. Dia pun menjalani rapid test diagnostic (RTD) dan dinyatakan non-reaktif.

Namun, untuk memastikan dilakukan uji swab yang hasilnya ternyata konfirmasi positif Covid-19.

“Sepulang dari pelatihan dan pendidikan, bersama personel lainnya. Kami semua menjalani rapid test tapi hasilnya negatif atau non-reaktif, tapi tetap ikut tes swab dan hasilnya positif,” beber dia, Senin (26/10/2020) kepada Koran Kaltara.

Selama menunggu hasil swab, dirinya bersama personel Polsek Sesayap Hilir lainnya melaksanakan isolasi mandiri kurang lebih dua pekan atau 14 hari. Selama itu, kondisinya stabil dan tanpa ada gejala.

Jika dihitung mulai dia pulang pelatihan sampai masa penyembuhan, kurang lebih selama 20 hari dia tidak beraktivitas seperti hari biasa. Dia mengaku lebih banyak melakukan kegiatan menjaga kondisi tubuh sebagaimana anjuran petugas kesehatan.

“Intinya, tetap mematuhi protokol kesehatan semaksimal mungkin lalu jangan lupa untuk rutin berolahraga, makan secara teratur, minum vitamin dan suplemen yang diberikan petugas kesehatan,” tutur dia.

Selain itu, dia juga banyak melakukan kegiatan ibadah. “Dengan menjalankan berbagai aktivitas tersebut, tingkat kesembuhan sepertinya menjadi lebih cepat dari yang kita perkirakan. Minimal selama menjalani isolasi jangan stres atau merasa terbuang akibat terpapar Covid-19. Wabah ini bukan kita menghendaki dan datangnya tanpa permisi, tetap tawakal dan fokus pada kesehatan diri,” urainya.

Dia menilai, pemerintah melalui petugas kesehatan benar-benar menjalankan tugasnya dengan tanpa pamrih demi kesembuhan semua pasiennya. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah