Tarakan

Satu Kasus Baru Positif Covid-19 di Kota Tarakan

Devi Ika Indriarti

TARAKAN, Koran Kaltara – Setelah kurang lebih dua pekan tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (8/8/2020) di Kota Tarakan kembali ditemukan satu kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr Devi Ika Indriarti mengatakan, hari ini bertambah satu kasus konfirmasi positif Covid-19 yaitu Covid89 atas nama (inisial) SR, jenis kelamin laki-laki umur 49 tahun, warga Kelurahan Pamusian RT 16.

“Kasus Covid89 merupakan pelaku perjalanan yang datang dari Jakarta. Karena akan bekerja, yang bersangkutan melakukan pemeriksaan swab mandiri di RSUD Tarakan dan hasilnya positif Covid-19,” jelasnya.

Sebelumnya yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri di hotel selama lima hari. Setelah hasil swab positif Covid-19, maka saat ini yang bersangkutan sudah berada di RSU Kota Tarakan untuk menjalani perawatan selanjutnya.

“Berdasarkan informasi yang bersangkutan tidak memiliki gejala inspeksi saluran pernapasan atas (ISPA),” ungkapnya.

Dengan bertambahnya satu orang positif Covid-19 di Tarakan, maka total akumulasi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini sebanyak 89 orang. Sebanyak 88 orang sudah dinyatakan sembuh.

“Gugus tugas akan melakukan tracing kasus kepada yang bersangkutan, apakah kontak erat dengan yang lain selama isolasi mandiri. Mudah-mudahan tidak ada kontak erat dengan lainya, sehingga aman untuk yang lain dan kita hanya konsentrasi pada yang bersangkutan,” tuturnya.

Pelaku perjalanan sesuai dengan Permenhub, meski masuk Tarakan tidak ada screening di pintu masuk, pelaku perjalanan wajib membawa rapid test.

“Aturan Kemenhub bagi pelaku perjalanan belum dicabut, khusus untuk pelaku perjalanan moda transportasi speeadboat antar kabupaten dalam provinsi, sesuai dengan surat edaran KKP bagi pelaku perjalanan kurang dari dua jam maka tidak memerlukan rapid tes,” bebernya.

Sementara itu, jumlah kasus suspek yang sedang dipantau saat ini sebanyak 21 orang. Sementara untuk kasus kontak erat yang sedang dipantau saat ini sebanyak 6 orang. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah