Bulungan

Satpol PP Siap Bersinergitas untuk Atasi Pandemi Covid-19

Jajaran Satpol PP Kaltara usai melaksanakan Apel HUT Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2021. (Foto : Agung/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), siap mengikuti arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian yang disampaikan dalam Sambutan Peringatan HUT ke-71 Satuan Polisi Pamong Praja dan HUT ke-59 Satuan Perlindungan Masyarakat Tahun 2021, Rabu (3/3).

Kepala Satpol PP Kaltara Hari Kuntjoro, melalui Sekretarisnya, Timbul Sibarani menjelaskan, ada lima poin utama yang disampaikan dalam arahan Mendagri. Pertama, Satpol PP dan Satlinmas harus meningkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta pendisiplinan hingga penegakan protokol kesehatan covid-19.

“Sesuai arahan Mendagri, bahwa di 2021, Satpol PP dan Satlinmas tetap memegang peranan penting terhadap pencegahan dan pengendalian covid-19,” kata Timbul saat diwawancara usai memimpin jalannya Apel di kantornya.

Kedua, Satpol PP dan Satlinmas harus meningkatkan pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan dalam mengawal urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

“Kita harus memahami jika urusan tersebut menjadi bagian kewenangan pemerintah daerah yang harus dikawal bersama. Terlebih ketentraman, ketertiban dan perlindungan menjadi bagian dari pelayanan dasar,” jelasnya.

Ketiga, Satpol PP dan Satlinmas harus memperkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi. Baik secara vertikal ataupun horizontal dengan instansi lainnya. Aparat Satpol PP dan Satlinmas pun harus menunjukkan perilaku yang saling membantu, menghormati dan menghargai.

“Dalam artian, kita harus senantiasa membangun hubungan yang baik dengan penegak hukum lainnya. Seperti secara vertikal dengan TNI dan Polri. Kemudian secara horizontal dengan OPD terkait di tingkat pemerintah daerah,” papar Timbul.

Keempat, Satpol PP dan Satlinmas juga diminta memperkuat pelaksanaan tegas namun tetap humanis. Termasuk memperhatikan Hak Asasi Manusia (HAM) serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintah. “Hal tersebut harus dilaksanakan sesuai yang diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja,” pesan Timbul.

Terakhir, jajaran Satpol PP dan Satlinmas penting untuk memberi contoh baik kepada masyarakat. Khususnya perihal disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Kolaborasi juga harus selalu dibangun dengan stakeholder terkait mengenai hal tersebut.

“Di masa pandemi sekarang, semua stakeholder memang harus bahu membahu untuk tangani dan kendalikan covid-19. Ini pun perlu juga dukungan penuh masyaraka. Jadi kita saling kerjasama agar pandemi segera tertangani dengan baik,” jelasnya.

Adapun, Timbul jmengajak jajaran Satpol PP dan Satlinmas di Kabupaten dan Kota untuk tetap saling bersinergi. Hal tersebut dinilai penting untuk memaksimalkan peran dan fungsi masing – masing. Baik di lingkup pemerintah daerah hingga masyarakat.

“Pada Momen HUT tahun ini, kami berharap agar sinkronisasi, koordinasi dan kerjasama antara kabupaten dan kota dengan provinsi, semakin terlaksana dengan baik. Sehingga dapat menghasilkan output lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Timbul.

Pada kesempatan tersebut, Timbul turut menyampaikan selamat atas peringatan Hari Ulang Tahun kepada Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke 102 tahun.

“Turut kami sampaikan, bahwa di Bulan Maret ini, bukan hanya Satpol PP dan Satlinmas saja yang berulang tahun. Tetapi dari Damkar dan Penyelamatan juga sama. Yakni pada tanggal 1 Maret kemarin,” ujarnya. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Edy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah