Kaltim

Samarinda Terapkan E-TLE dan Zona Zero Tolerance

Kawasan Jalan Letjend Suprapto (eks Pembangunan) yang menjadk titik Zona Zero Tolerance (tertib lalu lintas). (Foto:Nancy/KK)

SAMARINDA – Hasil Video Conference (Vicon) Polda Kaltim jajaran Polres serta pakar transportasi, kejaksaan dan pengadilan Kamis (8/4), terkait zona zero tolerance (kawasan tertib lalu lintas) dan E-TLE (tilang elektronik) akan serentak dilaksanakan pada Mei mendatang.

Hal ini diungkapkan Kasatlantas Polresta Samarinda Kompol Ramadhanil saat ditemui di Mako Polresta Samarinda Jalan Slamet Riyadi Sungai Kunjang kemarin.

“Untuk kawasan tertib lalu lintas dan tilang elektronik ini, untuk Balikpapan sudah diterapkan, sebagai percontohannya dan nanti serentak dilaksanakan Mei untuk jajaran Polres di Kaltim,” ungkapnya.

Sementara untuk Samarinda, kata Ramadhanil pihaknya telah menetapkan Jalan Letnan Jendral Suprapto menjadi titik, kawasan tertib lalu lintas.

“Nanti disana itu kawasannya, harus bersih dan tidak boleh ada pelanggaran-pelanggaran lalu lintas. Sehingga titik yang ditentukan ini benar-banar tidak ada pelanggaran, misalnya tidak menggunakan helm, soal mobil parkir dan kawasan itu sudah tepat,” bebernya.

Nah, saat ini pihaknya tengah menyusun mekanisme dan koordinasi dengan stakeholder (pihak terkait), untuk sambungan Jalan Letjen Suprapto yaitu Simpang Lembuswana, juga ditetapkan sebagai titik awal pelaksanaan tilang elektronik (E-TLE).

“Iya karena disitu sangat memungkinkan. Tetapi, proses E-TLE ini masih berat, karena memang memerlukan biaya yang cukuo besar,” ujarnya.

“Sehingga, untuk konsep di bulan Mei nanti itu, kami baru melaksanakan semi E-TLE, tetapi masih secara manual. Kalau kamera E-TLE sesungguhnya kan benar-benar canggih, itu sudah jalan sendiri dan petugas hanya memantau saja,” sambungnya.

Sehingga untuk penerapan semi E-TLE tersebut nantinya akan memanfaatkan kamera-kamera yang ada di sudut-sudut Kota Samarinda.

“Dari situ nanti akan kami adopsi, bagaiamana mekanismenya dari E-TLE sebenarnya itu yang diambil, tetapi masih secara manual. Jadi dari rekaman CCTV kalau ada yang melanggar kami screenshot setelah itu kami laksanakan seperti jalurnya E-TLE,” pungkasnya. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah