Kaltim

Samarinda Seberang Diwacanakan Bentuk DOB

LENGKAP: Samarinda Seberang diakui memiliki berbagai aspek yang lengkap, sehingga sangat beralasan jika dibentuk daerah otonomi baru tersendiri. (Istimewa)
  • Tim Pembentukan DOB akan ‘Pinjam’ Kecamatan

SAMARINDA – Wacana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di kawasan Samarinda Seberang makin serius. Disampaikan Sekretaris Tim Pembentukan DOB, Samri Shaputra sebenarnya Samarinda Seberang sudah memiliki sejumlah fasilitas pendukung untuk membentuk sebuah kota atau pun kabupaten. Meskipun belum memiliki pusat perbelanjaan dan hotel berbintang, Samarinda Seberang nyatanya sudah didukung fasilitas pendidikan yang mumpuni.

“Sekolah dari tingkat awal sampai perguruan tinggi sudah ada disana. Walaupun pusat perbelanjaan dan hotel belum ada,” ungkapnya pada Selasa (30/6).

Selain itu fasilitas kesehatan seperti rumah sakit pun sudah ada. Memang diakuinya hanya persyaratan administrasi yang belum bisa dicukupi oleh Samarinda Seberang. Seperti kurangnya kecamatan yang menjadi salah satu syarat penting berdirinya sebuah DOB. Karenanya untuk melakukan percepatan pembentukan DOB, pihaknya berencana untuk ‘meminjam’ kecamatan yang ada di Samarinda.

“Bisa kecamatan Sambutan yang dihubungkan dengan Jembatan Mahkota II, atau Kecamatan Sungai Kunjang yang dihubungkan dengan Jembatan Mahakam,” imbuhnya.

Peminjaman kecamatan dijelaskannya bukanlah hal baru. Lantaran diceritakan Samri dulu Samarinda pernah meminjam Kecamatan Sanga-Sanga dan Muara Jawa agar bisa membentuk Samarinda. Karenanya kata Samri semestinya pembentuk DOB bisa disegerakan dengan melakukan sistem pinjam pada Kecamatan yang ada di Samarinda.

Menurutnya saat ini satu-satunya kendala memanglah persyaratan administrasi yang belum bisa dicukupi. Pasalnya jika melihat jumlah penduduk maupun luasan lokasi, Samarinda Seberang sudah sangat mencukupi. Karena itu bersama dengan para anggota DPRD Samarinda dari Dapil Samarinda Seberang dan sekitarnya sangat mendukung terbentuknya DOB.

“Penduduk Samarinda ini sudah hampir satu juta orang. Kasihan kalau ada urusan administrasi mereka kesulitan karena banyaknya yang harus dilayani instansi Pemkot Samarinda,” tutupnya. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah