Politik

Saleh Gantikan Irwan Jadi Wakil Ketua DPRD Nunukan

Herwin

NUNUKAN, Koran Kaltara – DPRD Nunukan menetapkan Saleh dari Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua DPRD Nunukan masa jabatan 2019-2024 mengantikan H Irwan Sabri. Diketahui, Irwan Sabri digantikan karena mengundurkan diri untuk mencalonkan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2020.

Penetapan itu disampaikan Ketua DPRD Nunukan Hj Leppa di Rapat Paripurna ke-2 masa sidang II tahun 2020-2021 dalam rangka penetapan calon pengganti Wakil Ketua DPRD masa jabatan 2019-2024.

Kasubag Persidangan, Risalah dan Publikasi pada Sekretariat DPRD Nunukan Herwin menyampaikan, meski sudah diumumkan, namun pelantikan Saleh sebagai Wakil Ketua DPRD Nunukan belum dilaksanakan.

“Ini belum pelantikan. Jadi prosedurnya, sebelum diusulkan pengangkatan Pak Saleh, harus dilakukan paripurna pengumuman dulu untuk ditetapkan melalui Keputusan DPRD Nunukan,” terangnya kepada Koran Kaltara, Selasa (12/1/2021).

Setelah itu, kata dia, tinggal menunggu SK Gubernur tentang Peresmian Pengangkatan Wakil Ketua masa jabatan 2019-2024. “Itu setelah ada SK Gubernur, baru kita lantik Pak Saleh sebagai Wakil Ketua DPRD Nunukan,” ungkapnya.

Menurut dia, penetapan itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pasal 39 ayat (2) bahwa calon pengganti pimpinan DPRD yang berhenti diusulkan oleh pimpinan partai politik untuk diumumkan dalam rapat paripurna dan ditetapkan dengan Keputusan DPRD.

“Nah, memperhatikan surat Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Nunukan tanggal 4 Januari 2021 perihal pengantian Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan, maka di tetapkan calon Wakil Ketua Pengantian Antar Waktu (PAW). Pak Saleh menggantikan H Irwan Sabri SE yang telah di berhentikan sebagai anggota DPRD kabupaten Nunukan sesuai Keputusan Gubernur Kalimantan Utara tanggal 19 Oktober 2020,” jelasnya.

BACA JUGA: Robinson dan Darmawansyah Kandidat PAW Danni Iskandar dan Irwan Sabri

Sementara itu, kata dia, untuk pelantikan dua anggota DPRD Nunukan, yakni Robinson Totong dan Darmawansyah akan dijawalkan tanggal 14 Januari.

“Jadi, mereka tidak bersamaan dilantik. Untuk pelantikan Pak Saleh menyusul, karena kita masih usulkan ke gubernur,” ungkapnya.

Menurut dia, mekanisme pelantikan di semua daerah sama. Sudah ada aturan yang harus patuhi.

“Saya juga koordinasi dengan Pak Saleh dan H Danni selaku Ketua Partai Demokrat Nunukan. Mereka bersedia, kalau pelantikan dua anggota dewan itu duluan, supaya tidak lama terjadi kekosongan jabatan alat kelengkapan dewan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Asrin
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah