Headline

Salat Id Berjamaah Ikuti Status Zonasi

H. Suriansyah

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Utara, H. Suriansyah Hanafi mengatakan, pelaksanaan salat Idulfitri berjamaah perlu mengikuti status zonasi di wilayah masing-masing. Menurutnya, ketentuan itu telah diatur dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2021. Yakni tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idulfitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 di Saat Pandemi Covid.

“Jadi harus ada keterangan dari petugas yang berwenang, itu menjadi dasar. Kalau (zona) hijau atau kuning, diperbolehkan dengan syarat protokol kesehatan ketat. Kalau oranye apalagi merah, jamaah agar melakukannya (salat id) di rumah masing-masing,” kata Suriansyah, Senin (10/5/2021).

Suriansyah berharap keterlibatan semua pihak dalam mendukung pelaksanaan SE Menag tersebut. Mengingat kewenangan Kanwil Kemenag di daerah pun terbatas. “Kementerian Agama hanya sebatas mengimbau, sedangkan soal tindakan, tidak memiliki kapasitas. Oleh karena itu, kami berharap bisa berkolaborasi dengan semua elemen,” ujarnya.

Sementara ini, pihaknya belum menerima laporan rekapitulasi pelaksanaan salat Idulfitri berjamaah. Baik yang dilangsungkan di masjid atau di ruang terbuka. “Artinya masih dipantau. Sementara, titik-titik tempat salat belum ada laporan. Dari Dewan Masjid juga belum ada laporan masuk,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kaltara, Suriansyah mengatakan, PHBI Kabupaten/Kota telah diminta berkoordinasi mengenai status zonasi di wilayah masing-masing. “PHBI di kabupaten/kota agar segera bisa tentukan berdasarkan informasi zonasi spesifik dari Satgas di sana,” kata Suriansyah.

Secara teknis, PHBI mengacu edaran Kementerian Agama dan informasi zonasi dari Satgas Covid-19. Masyarakat juga diminta proaktif mengikuti ketentuan pemerintah. “Jadi kita tetap mengacu ke sana. Teknisnya nanti juga dikoordinasikan dengan masing-masing pengurus masjid dan musala,” pungkasnya.(*)

Reporter: Agung Riyanto

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah