Hukum Kriminal

Sabunya Dimusnahkan, Sang Kekasih Masih Buron

Tampak salah satu pelaku yang memusnahkan narkoba dengan cara dilarutkan ke dalam air. (Foto : Ramlan)
  • 1 kg Sabu Berakhir di Kloset, 4 Tersangka Tertunduk Lesu

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Seorang wanita berinisial EF yang diamankan kepolisian di KM 14 Jalan Porong Bulungan-KTT, tepatnya di Kecamatan Sesayap pada Minggu (25/1/2021) tampak harus menerima nasib. Pasalnya, ia harus melihat narkoba seberat 512,32 gram miliknya dimusnahkan oleh kepolisian tanpa sang kekasih.

Padahal, dari pengakuan EF saat diamankan jika barang haram itu milik sang kekasihnya. Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro melalui Paur Subbag Humas Polres Bulungan IPDA Tutut Murdayanto mengatakan, sang kekasih EF saat ini sudah ditetapkan DPO oleh kepolisian.

DPO itu, kata dia, masih terus dilakukan penyidikan lantaran diduga kuat menjadi otak di balik peredaran narkoba yang dilakukan oleh EF.

“Dia (kekasih EF) sudah kita terbitkan DPO. Anggota juga masih lakukan penyidikan.  Untuk lokasi masih kita telusuri dan DPO ini masih dalam pengejaran Satresnarkoba,” katanya kepada Koran Kaltara, Kamis (22/4/2021).

Selain EF, terdapat tiga orang tersangka lain yang menyaksikan narkoba miliknya dimusnahkan sebelum kasusnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulungan. Mereka adalah JO dengan barang bukti sebanyak 15,17 gram sabu. Ia diamankan polisi di Jalan Poros Trans Kaltara Kilo 4 Desa Jelarai, Bulungan pada Desember 2020 lalu.

Kemudian tersangka berinisial MRR yang diamankan di salah satu perusahaan di Desa Turung, Sekatak Bulungan. Pelaku ini juga diamankan pada Desember tahun 2020 lalu dengan barang bukti sebanyak 480 gram.

“Kemudian yang terakhir adalah SA dengan barang bukti 43,95 gram. Semuanya (barang bukti sabu) kita musnahkan untuk kemudian diserahkan ke kejaksaan (kejari Bulungan). Tapi dari empat pelaku itu, sekitar 1 gram barang buktinya kita sisipkan untuk di persidangan nanti,” ujarnya.

Dari pantauan Koran Kaltara, dalam pemusnahan itu, tampak raut wajah lesu dari para pelaku. Bagaimana tidak, mereka harus merelakan barang haram miliknya itu dimusnahkan lalu dibuang ke kloset.

Keempat tersangka inipun dikenakan pasal 114 ayat (2) jo pasal 112 ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun atau pidana penjara seumur hidup dan atau pidana mati,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Hariadi

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah