Hukum Kriminal

Sabu 13,2 Gram Berakhir di Kloset

Penandatanganan berita acara yang dilakukan pelaku (N) atas pemusnahan barang bukti sabu seberat 13,2 gram. (foto: Ramlan)
TANJUNG SELOR, Koran Kaltara -  Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Bulungan kembali melakukan pemusnahan barang bukti berupa sabu seberat 13,2 gram dari hasil pengungkapan kasus bulan Oktober 2018 lalu dengan tersangka berinisial N. Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara memasukkan sabu ke dalam sebuah ember berisi air. Setelah itu, sabu tersebut diaduk menggunakan centongan kemudian dibuang…

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara –  Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Bulungan kembali melakukan pemusnahan barang bukti berupa sabu seberat 13,2 gram dari hasil pengungkapan kasus bulan Oktober 2018 lalu dengan tersangka berinisial N.

Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara memasukkan sabu ke dalam sebuah ember berisi air. Setelah itu, sabu tersebut diaduk menggunakan centongan kemudian dibuang ke dalam kloset.

Pemusnahan itu juga disaksikan oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan, kejaksaan Negeri (Kejari) Bulungan, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bulungan serta kedua orang tersangka dalam kasus tersebut.

“Tidak semua barang bukti yang kita musnahkan. Tapi kita sisihkan 1 gram untuk keperluan persidangan nanti,” beber penanggungjawab sementara (Ps) Kassubbag Humas Polres Bulungan, Aiptu Tutut Murdyanto, Rabu (5/12/2018).

Dijelaskannya, pemilik barang haram tersebut merupakan seorang karyawan swasta. Akan tetapi, tersangka yang saat ini berusia 31 tahun itu, tidak puas dengan penghasilannya sebagai karyawan sehingga mencari penghasilan tambahan dengan cara berjualan sabu.

Berdasarkan informasi dari Sat Resnarkoba Polres Bulungan, penangkapan N terjadi sekira pukul 20.00 Wita dirumahnya.

Pelaku sendiri, memang sudah menjadi target operasi polisi atas kepemilikan barang haram tersebut. Pelaku yang merupakan warga Desa Apung, Kecamatan Tanjung Selor itu berhasil diamankan oleh pihak kepolisian setelah dihentikan saat mengendarai motor. Setelah dilakukan penggeledahan, pihak kepolisian akhirnya menemukan sabu-sabu yang sudah terbungkus. Tidak hanya itu, di kendaraan pelaku juga berhasil ditemukan bungkusan plastik yang berisi serbuk putih.

“Pelaku ini memang sudah menjadi target kita. Setelah kita lakukan penyelidikan, pihak kepolisian menemukannya mengendarai motor menuju kilometer 2. Pada saat berada di kilometer 2, tim langsung mengamankan dan lakukan penggeledahan,” imbuhnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku digelandang ke Polres Bulungan untuk pemeriksaan lanjutan. Karena petugas ingin mengetahui barang haram tersebut berasal dari mana. “Kita jerat dengan Pasal 114 ayat 1, Pasal 112 ayat 2 dan Pasal 127 ayat 1 karena terbukti positif menggunakan sabu,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Hariadi

Artikel ini juga terbit di versi cetak Koran Kaltara edisi 6 Desember 2018