Ekonomi Bisnis

Sabtu ini Pasar Rakyat Kampung Empat Dioperasikan

Untung Prayitno

TARAKAN, Koran Kaltara – Pasar rakyat Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur akhirnya segera difungsikan. Pasar yang dibangun sejak tahun 2017, ini  menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat kurang lebih Rp3,8 miliar.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Tarakan, Untung Prayitno menjelaskan, sesuai dengan program pemerintah, Pasar Kampung Empat rencananya akan dioperasionalkan pada minggu ini.

“Rencananya mulai dioperasionalkan pada Sabtu 10 April 2021 ini. Saat ini masih persiapan, salah satunya penandatanganan kontrak kerja sama dengan para pedagang,” jelasnya, Kamis (8/4/2021).

Selain penandatanganan kontrak,  pedagang juga mengambil undian untuk menempati los-los atau meja-meja di pasar yang nantinya akan ditempati.

“Ada sekitar 90-an lapak dan 9 kios. Kalau untuk bloknya, nanti ada pedagang ikan basah, ikan kering, sayur-mayur dan baju atau pertokoan yang kios depan,” terangnya.

Untuk pedagang sendiri diprioritaskan bagi pedagang yang ada diwilayah Kecamatan Tarakan Timur, seperti Kampung Empat, Kampung Enam, Mamburungan, Mamburungan Timur dan Pantai Amal.

Untung mengatakan, Pasar Kampung Empat juga akan dijadikan sebagai percontohan pasar digital, dimana sistem pembayaranya menggunakan non tunai atau Q-Ris. Meski demikian, pembayaran dengan uang tunai tetap diperbolehkan.

“Tujuanya untuk edukasi masyarakat menggunakan sistem non tunai Q-Ris, sehingga masyarakat menjadi terbiasa. Pembayaran non tunai juga dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik