Tana Tidung

Rumah Sakit Ditarget Naik Tipe, Pemda Siapkan Beasiswa untuk Pendidikan

Bupati KTT, Ibrahim Ali

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Sektor pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Tana Tidung (KTT) dinilai sampai saat ini masih menjadi pekerjaan rumah. Kedua sektor itu, dinilai masih butuh pembenahan kembali meskipun sudah mulai membaik.

Dari segi sektor kesehatan, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali menargetkan untuk menaikkan tipe RSUD Ahkmad Berahim KTT menjadi Tipe D. Menurut dia, dari segi sarana prasarana serta sumber daya manusia (SDM), rumah sakit kebanggaan masyarakat KTT itu dinilai layak untuk segera naik tipe.

“Target saya rumah sakit kita sudah representatif lah. Tapi sayang rumah sakit kita sampai sekarang statusnya belum terakreditasi dan belum masuk rumah sakit tipe D. Jadi tahun ini saya akan berbicara fokus rumah sakit itu. Target saya harus terakreditasi dulu,” kata Bupati kepada Koran Kaltara.

Sementara dari sektor pendidikan, kata bupati, perlahan sudah mulai membaik. Terbukti, di KTT telah memiliki bangunan sekolah yang cukup megah untuk skala daerah yang notabanenya merupakan DOB di provinsi Kaltara. Namun, lanjut dia, pembenahan tetap perlu dilakukan hingga sekolah-sekolah yang berada di daerah pelosok.

“Kalau pendidikan kita juga sebenarnya sudah baik. Kita sudah miliki gedung yang sangat representatif. Mutu pendidikan kita di daerah-daerah pelosok juga sudah mulai membaik. Tapi masih perlu ada perhatian dari pemerintah. Terutama memberikan bantuan untuk para siswa dan perhatian terhadap tenaga pendidiknya,” jelasnya.

Ke depan, kata dia, akan dilakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) mengenai pola pemberian bantuan baju serta alat tulis kepada para siswa secara gratis. Terutama untuk jenjang pendidikan SD hingga SMP, rencananya akan dilakukan pemberian bantuan secara gratis oleh pemerintah.

“Ini akan kita diskusikan (dengan Disdik KTT), bagaimana konsep format dan payung hukumnya. Saya akan minta, itu diberikan secara gratis kepada anak-anak sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya bakal menganggarkan melalui APBD mengenai bantuan beasiswa. Bupati menegaskan, seluruh putra daerah KTT wajib mengeyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Pemerintah, kata dia, akan memberikan dana intensif melalui program beasiswa hingga miliaran rupiah.

“Kalau kemarin kan dianggarkan pemerintah, yang terserap itu kan hanya sekitar Rp240 juta saja. Tahun ini, Insyaallah saya akan naikkan secara bertahap. Tahun 2021 akan kita anggaran Rp1 miliar dan di tahun selanjutnya kita naikkan jadi Rp1,5 miliar. Kita tegaskan, anak-anak kita di sini wajib memiliki pendidikan tinggi hingga perkuliahan. Saya mau, anak-anak kita nanti semua, begitu dia selesai sekolah, paling tidak mereka harus melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Itu komitemen kita semua,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah