Kaltara

Rukyatul Hilal di Tanjung Selor, Tinggi Bulan Masih Minus 5 Derajat

Rukyatul hilal di atas Kantor Gubernur Kaltara. (Foto: Agung Riyanto)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Utara, melaksanakan rukyatul hilal penentuan 1 Syawal 1442 Hijriyah.

Pelaksanaan rukyatul hilal berada di atas Kantor Gubernur Kaltara sore tadi, Selasa (11/5).

Pemilihan lokasi berbeda dengan tahun-tahun lalu. Sebelumnya, rukyatul hilal dilaksanakan di atas Gedung KNPI Kabupaten Bulungan.

Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, H. Suriansyah Hanafi mengatakan, berdasarkan informasi BMKG, tinggi bulan belum memenuhi kriteria masuknya bulan baru.

“Umur hilal masih terlalu muda. Ini akan kita laporkan ke Tim Rukyatul Hilal,  kemudian disampaikan dalam pelaksanaan sidang isbat malam ini. Kita menunggu keputusan pemerintah yang disampaikan juga malam ini,” jelas Suriansyah.

Kepala Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Harapan, Muhammad Sulam Khilmi mengatakan, posisi hilal saat matahari tenggelam hari ini minus lima derajat, 12 menit. Atau belum memenuhi kriteria masuknya bulan baru, yakni di kisaran dua derajat.

“Artinya, secara perhitungan astronomis, hilal belum kelihatan sore ini di Tanjung Selor,” kata Khilmi.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara, Suriansyah mengimbau masyarakat mengikuti ketetapan yang diatur pemerintah terkait penetapan 1 Syawal.

Umat muslim Kaltara juga diimbau mematuhi panduan ibadah Hari Raya Idulfitri yang diterbitkan Menteri Agama.

“Mari kita ikuti panduan ibadah selama Idul Fitri nanti. Karena itu untuk kebaikan bersama dengan memutus mata rantai covid-19,” kata Suriansyah. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Didik