Kesehatan Nunukan

RSUD Nunukan Buka Layanan Poliklinik Jantung dan Rehab Medik

Pelayanan di poliklinik RSUD Nunukan. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Memberikan pelayanan yang maksimal dengan melengkapi sarana dan prasarana, perbaikan tata kelola manajemen dan sumber daya manusia, menambah dokter spesialis dan menambah pelayanan poliklinik terus dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan. Terbaru di tahun 2020 ini, RSUD Nunukan membuka pelayanan poliklinik yang baru, yaitu poliklinik jantung dan rehab medik dengan didukung oleh dua dokter spesialis.

“Sekarang ada pelayanan poli jantung dengan rehab medik, ada tambahan dokter spesialis dua orang,” ujar staf Humas RSUD Nunukan, Herni Yanti, Rabu (15/01/2020).

Ia mengatakan, selain poliklinik spesialis jantung dan rehab medik, sebelumnya RSUD Nunukan telah membuka pelayanan poliklinik umum, spesialis penyakit dalam, spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis bedah, spesialis anak, spesialis mata, spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT), spesialis saraf, spesialis paru, spesialis kulit dan kelamin. Kemudian poliklinik kesehatan jiwa, calon tenaga kerja indonesia serta poliklinik gigi dan mulut.

“Kemudian, didukung dengan 25 orang dokter spesialis,” ujarnya.

Untuk pelayanan poliklinik dari hari Senin sampai Sabtu. Senin sampai Kamis dan hari Sabtu, pendaftaran mulai pukul 08.00 – 12.00 wita. Sedangkan hari Jumat, pendaftaran mulai pukul 08.00 – 10.00 wita. Untuk pelayanannya dari pukul 08.00 – 14.00 wita.

Bagi masyarakat atau pasien yang berkunjung ke RSUD Nunukan, khususnya untuk pelayanan poliklinik, fasilitas yang diberikan antara lain ruang pendaftaran dan ruang menunggu yang nyaman dengan kursi dan AC.

Selain itu, ada informasi tentang alur screening pasien resiko jatuh rawat jalan, alur pendaftaran rawat jalan, enam langkah cuci tangan, mobile skrining BPJS dan informasi tentang layanan poliklinik. Kemudian petugas loket yang siap menyapa dan melayani masyarakat.

Selanjutnya pengambilan nomor antrean dibantu oleh staf, dimana nomor antrean dengan sistem komputer. Kemudian, di layar monitor akan terlihat nomor antrean, tujuan loket, jam serta daftar nama dokter yang melayani di poliklinik.

Khusus untuk pasien lansia, disediakan jalur prioritas sehingga ada perlakuan khusus mulai dari proses pendaftaran hingga mendapatkan pelayanan poliklinik. (*)

Reporter: Sabri

Editor: Didik