Headline

RSAL Ilyas Siap Terima Limpahan Pasien dari RSUD

Letkol Laut (K) dr. Mukti Fahimi

TARAKAN, Koran Kaltara – Lockdown parsial yang dilakukan RSUD Tarakan karena sebagian besar tenaga medis terpapar Covid-19, membuat beberapa pelayanan tidak bisa maksimal. Seperti instalasi rawat jalan atau poliklinik, instalasi rehab medik atau fisioterapi, dan instalasi bedah sentral. Untuk itu, Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Ilyas Tarakan siap menerima limpahan pasien dari RSUD.

Direktur RSAL Ilyas Tarakan, Letkol Laut (K) dr. Mukti Fahimi mengatakan bahwa pihaknya telah diminta untuk mempersiapkan poli penyakit dalam. Ini untuk menampung pasien dari RSUD Tarakan yang saat ini sedang tutup mulai 23-17 November 2020. Di RSAL juga memiliki layanan penyakit paru, bedah urologi, ortopedi dan lain sebagainya.

“Dokter yang dari RSUD bisa juga berpraktik di sini, RSAL. Tetapi kita masih akan rapatkan bersama dengan RSUD, RSUKT, BPJS Kesehatan, dan Dinas Kesehatan Tarakan. Karena ada beberapa opsi yang akan dilakukan. Pertama, dokter RSUD bisa melayani di RSAL dengan dilengkapi surat izin praktik yang diterbitkan dari Dinas Kesehatan Tarakan,” ujar Mukti, Selasa (24/11/2020).

Sedangkan opsi kedaua, lanjut dia, para dokter RSUD dapat membuka praktik di RSUKT. Karena tidak mungkin semua tenaga medis yang tidak terpapar Covid-19 melayani pasien di RSAL. Meskipun diakui Mukti bahwa pihaknya tidak memiliki dokter mata beserta alat penunjang lainnya, namun untuk THT sudah bisa melayani pasien.

“Kalau misalnya ada dokter THT yang ingin berpraktik di RSAL, kita akan siapkan alatnya. Tetapi untuk dokter mata belum ada, sehingga akan diarahkan ke RSAL. Kalau untuk perawatan, Insya Allah cukup dan kita siap menerima limpahan pasien dari RSUD maupun para dokternya,” ungkapnya.

Selain pelayanan mata, di RSAL juga belum bisa melayani hemodialysis, sehingga untuk pelayanan yang satu ini disarankan tetap dilakukan di RSUD. Dia juga mengungkapkan, Jumlah perawat ada 42, kemudian dokter ada 7 orang. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah