Bulungan

Ribuan E–KTP “Kedaluwarsa” Belum Dimusnahkan

Kasat Reskrim Polres Bulungan, AKP Gede Prasetia Adi Sasmita (paling kanan) saat memeriksa sejumlah E-KTP di kantor Disdukcapil Bulungan, Jumat (14/12/2018).
TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan Sat Reskrim Polres Bulungan ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulungan, Jumat (14/12/2018),  menemukan ribuan keping E-KTP yang masa berlakunya sudah habis alias kedaluwarsa. Hingga dilakukannya sidak yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Bulungan AKP Gede Prasetia Adi Sasmita, ribuan E-KTP tersebut…

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan Sat Reskrim Polres Bulungan ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulungan, Jumat (14/12/2018),  menemukan ribuan keping E-KTP yang masa berlakunya sudah habis alias kedaluwarsa.

Hingga dilakukannya sidak yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Bulungan AKP Gede Prasetia Adi Sasmita, ribuan E-KTP tersebut belum dimusnahkan.

Gede mengatakan, pihaknya akan terus mengawal E-KTP tersebut sampai benar-benar dimusnahkan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.  Pemeriksaan terhadap E-KTP yang dilakukan di kantor Disdukcapil, merupakan perintah dari Mabes Polri, mengingat persoalan E-KTP ini kerap menjadi perbincangan publik.

“Kita hanya lakukan pemantauan untuk menghindari adanya konflik yang disebabkan E-KTP ini. Karena kita tahu sendiri kan, E-KTP ini selalu menjadi perbincangan. Baru-baru ini, ditemukan lagi tercecer tapi kondisinya masih bagus,” katanya saat ditemui usai sidak, Jumat (14/12/2018).

Gede mengatakan, untuk di Disdukcapil Bulungan memang hingga saat ini belum melakukan pemusnahan. E-KTP yang sudah tidak digunakan lagi merupakan E-KTP milik warga yang melakukan perubahan data identitas dan yang melakukan penggantian karena sudah habis masa berlakunya.

Sehingga KTP yang lama ditarik dan dikumpulkan oleh pegawai Disdukcapil. Dari keterangan yang disampaikan oleh Kamelia Khairid, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan, Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bulungan, bahwa ribuan E-KTP yang ditemukan oleh pihak Sat Reskrim sudah dilubangi dan nantinya akan dilakukan pemusnahan.

“Pengecekan ini agar tidak ada temuan di luar yang dibuang sembarang tempat. Memang ada perintah agar E-KTP yang ditarik ini agar didisposalkan (musnahkan). Makanya kita lakukan koordinasi , faktanya itu ada ribuan KTP yang sudah disita petugas Disdukcapil. Kalau kita lihat, E-KTP itu kan sudah dilubangi semua. Dan itu pasti sudah tidak bisa digunakan lagi,” ucapnya.

Untuk itu, lanjutnya lagi, pihaknya meminta agar pihak Disdukcapil Bulungan bisa segera melakukan pemusnahan terhadap E-KTP yang sudah kedaluwarsa ataupun masa berlakunya habis. Karena, jangan sampai persoalan E-KTP ini juga disalahgunakan.

Apalagi, dalam waktu dekat ini akan memasuki  pemilu yang kemungkinan sangat rentan menimbulkan kekacauan karena E-KTP ini.

“Kita koordinasikan terus karena perintahnya sama-sama agar segera dimusnahkan. Kita masih menunggu kapan bisa dimusnahkan oleh Disdukcapil. Karena kemungkinan masalah administrasinya baik dari Polres maupun dari Disdukcapil itu sendiri juga harus dilengkapi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Edy Nugroho

Artikel ini juga terbit di versi cetak Koran Kaltara edisi 15 Desember 2018