Kaltara

Renovasi Wisma Lansia Khusus, Butuh Dana Rp2 Miliar

Gubernur Zainal Paliwang saat mengunjungi lansia di panti sosial, Rabu (9/6/2021). (Foto: Rizqy)
  • Gubernur: Mudah-mudahan di APBD Perubahan Bisa Kita Lakukan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang  menghadiri acara peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional di Panti Sosial Tresna Werdha Marga Rahayu, Tanjung Selor, Rabu (9/6/2021). Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Benuanta-sebutan Kaltara melakukan peninjauan di panti sosial yang beralamat di Jl Kakak Tua Tanjung Selor itu .

Kepada media, gubernur mengungkapkan akan melakukan renovasi wisma agar pada lansia mendapatkan fasilitas lebih memadai. Yakni, wisma khusus bagi para lansia yang masuk kategori sudah sulit bergerak. Informasi dari Dinas Sosial (Dinsos) Kaltara, membutuhkan dana sekitar Rp2 miliar. Namun masih akan dihitung lebih lanjut kebutuhannya.

“Kita harus merenovasi wisma ini supaya lebih layak dan lebih bersih. Karena kemarin angggaran kita recofusing, sehingga mudah-mudahan diperubahan (APBD Perubahan) kita bisa lakukan perbaikan untuk beberapa wisma khusus. Nanti kita hitung dulu (anggarannya), Insya Allah, tahun ini,” kata Zainal Paliwang, kemarin.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Dinsos Kaltara, Heri Rudiyono mengatakan, wisma khusus itu sudah memiliki perencanaan. Namun dilakukan bertahap, terlebih sebelumnya masih merupakan UPT Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Nanti diusulkan dulu di Bappeda. Karena ini modelnya seperti bansal. Dan ada fasilitas khususnya, misalnya kamar mandi itu berbeda. Ruang lansia harus ada hendel (pegangan tangan). Nanti ada dua wisma, masing-masing untuk lansia laki-laki dan lansia perempuan,” tambahnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Eddy Nugroho