Malinau

Realisasi Rasda RT SPM 2020 Capai 99 Persen

Beras daerah (rasda) disalurkan ke rumah tangga sasaran penerima manfaat di Desa Kuala Lapang. (foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Realisasi pendistribusian beras daerah (rasda) Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RT-SPM) selama tahun 2020 telah mencapai 99,24 persen. Sementara untuk tahun 2021, pemerintah daerah akan menyesuaikan dengan visi misi kepala daerah terpilih.

“Rasda RT-SPM hampir keseluruhan di 15 kecamatan sudah berjalan, dengan total target sebanyak 658 kepala keluarga,” ungkap Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Malinau Erly Sumiati kepada Koran Kaltara, Selasa (2/3/2021).

Menurut dia, ada beberapa warga sudah merasa mampu,  sehingga tidak lagi masuk dalam data. “Untuk Kecamatan Bahau Hulu satu orang dan Desa Long Sule dua orang. Mereka tidak lagi menerima rasda karena sudah mampu,” jelasnya.

Menurut dia, dari target sasaran 658 kepala keluarga (KK), pihaknya sudah menggantikan di tahun 2021.  “Jadi, pengawas kami di tingkat kecamatan dan desa sudah mengusulkan perubahan data dan menggantikan warga itu.  Kalau di kecamatan lainnya sudah terealisasi,” ungkapnya.

Menurut Erly, bahwa program rasda RT SPM akan terus berlanjut. “Karena program rasda ini merupakan program unggulan dan terus dilaksanakan di Malinau,” jelasnya.

Menurut dia, pada tahun 2021 ini, pihaknya akan menyesuaikan dengan program rasda plus dari kepala daerah terpilih. “Kita akan menyesuaikannya,” tutur dia. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah