Headline

Ratusan Ribu Surat Suara Mulai Dilipat

PELIPATAN - Surat suara untuk Pemilihan Serentak di Bulungan sudah mulai dilipat sejak Kamis (19/11/2020). (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Surat suara untuk Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kabupaten Bulungan telah diterima, Rabu (18/11/2020) malam. Bersama dengan kotak suara yang telah dirakit, surat suara tersebut juga ditempatkan di gudang logistik yang terletak di gedung pertemuan Kantor Kecamatan Tanjung Selor.

Kemudian, surat suara itu sudah mulai dilakukan pelipatan sejak Kamis (19/11/2020) pagi. Berdasarkan pantauan Koran Kaltara, tampak gudang penyimpanan logistik KPU Bulungan dijaga ketat aparat kepolisian. Seluruh tim pelipat yang masuk ke dalam ruangan tidak diperkenankan membawa handphone alias telepon genggam. Termasuk diwajibkan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani mengemukakan, terdapat total 201.328 surat suara yang dilipat. Masing-masing 100.664 surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bulungan dan 100.664 surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltara.

“Jumlahnya sama, masing-masing 100.664 untuk Pilbup dan 100.664 juga untuk Pilgub. Semuanya sudah mulai dilipat hari ini (kemarin),” sebut Ketua KPU Bulungan saat ditemui di sela ia mengawasi jalannya proses pelipatan.

Ratusan surat suara itu sudah termasuk surat suara cadangan 2,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dimana diketahui DPT Bulungan 96.098, sehingga 2,5 persen dari DPT itu sebanyak 2.566 surat suara. Kemudian ditambah juga sebanyak 2.000 surat suara persiapan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU), sehingga jumlahnya sebanyak 100.664.

“Iya, itu semua sudah termasuk surat suara cadangan yang 2,5 persen dan untuk PSU sebanyak 2.000 surat suara,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, pelipatan sekaligus sortir surat suara itu dipastikan sudah selesai sebelum masa distribusi logistik ke kecamatan hingga ke desa-desa. Di hari pertama, sebanyak 10.000 surat suara ditargetkan selesai, dan terus bertambah di hari-hari berikutnya.

“Target maksimal 12 hari sudah selesai pelipatan. Kita libatkan sebanyak 25 orang yang melipat. Terdiri dari staf KPU dan beberapa warga yang memang pernah ikut melipat pada pemilihan-pemilihan yang lalu,” terang Lili.

Disinggung jika ada surat suara yang rusak, Lili mengatakan akan dilakukan pergantian oleh pihak perusahaan. Namun harus melalui prosedur sortir dan dibuatkan berita acara terlebih dahulu. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah