Politik

Rapid Test PPS Non Reaktif, Tahapan Verifikasi Faktual Dimulai

Nasruddin

TARAKAN, Koran Kaltara – Berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan pada hari Sabtu 27 Juni 2020, seluruh petugas verifikasi faktual yang terdiri dari petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan sekretariat PPS se-Kota Tarakan hasilnya non reaktif.

Ketua KPU Tarakan Nasruddin mengatakan, hasil rapid test yang dilakukan KPU di dua tempat yakni kantor KPU Tarakan dan Kantor Kecamatan Tarakan Tengah seluruhnya non reaktif.

“Kemarin yang dilakukan rapid test sekitar 70-an orang lebih, terdiri dari PPS dan sekretariat PPS,” katanya.

PPS yang bertugas melakukan verifikasi faktual yakni sebanyak 54 orang dari 18 kelurahan di Kota Tarakan ditambah sekretariat PPS di delapan kelurahan ang bertugas melakukan verifikasi faktual.

“Rapid test dari KPU Provinsi, kami koordinasi dengan provinsi dan sehari selesai. Sebentar saja, hanya sampai siang hari kemarin,” ungkapnya.

Nasruddin menambahkan, setelah rapid test selesai tahap selanjutnya yakni pelaksanaan verifikasi faktual, sebagian petugas hari ini sudah melaksanakan verifikasi faktual di lapangan setelah dokumen verifikasi faktual diserahkan dari PPK ke PPS.

“Sekarang sudah lanjut verifikasi faktual, sudah jalan hari ini teman-teman (PPS) turun ke lapangan. Verifikasi faktual dilaksanakan selama 14 hari,” jelasnya.

Verifikasi faktual adalah meneliti kebenaran orang di dukungan bakal calon perseorangan, memastikan kebenaran bahwa nama yang ada di dokumen tersebut mendukung atau tidak. Jika tidak mendukung, maka akan dicoret.

“Setelah itu rekap, kalau misal kurang dukungan maka ada perbaikan. Misal kalau ada masyarakat yang tidak bisa ditemui maka dianggap TMS (tidak memenuhi syarat),” imbuhnya.

KPU berharap kepada masyarakat agar petugas verifikasi faktual yang turun lapangan diberikan kemudahan akses. Petugas hanya menanyakan iya atau tidak. Verifikasi faktual ini dilakukan door to door. (*)

BACA JUGA: Puluhan Petugas Verifikasi Faktual di Tarakan Ikuti Rapid Test

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah