Kaltim

Puluhan Rumah di Sumber Sari Kukar Terendam Banjir

BANJIR: Tangkapan layar vidio banjir di RT 21, Dusun Sumber Rejo, Desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu. (Istimewa)
  • Ketinggian Antara Pinggang hingga Dada Orang Dewasa

TENGGARONG – Puluhan rumah di Gang Hisab, RT 21, Dusun Sumber Rejo, Desa Sumber Sari (SP1), Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara (Kukar) terendam banjir, Sabtu (28/11) kemarin.

Kepala Desa Sumber Sari, Memet Wahyudi mengungkapkan, kawasan Gang Hisab memang menjadi langganan banjir ketika hujan deras turun. Ini disebabkan karena terjadinya pendangkalan sungai yang ada di samping kawasan tersebut.

“Sekitar belasan rumah yang terendam, ya memang situ langganan banjir tapi yang paling parah sudah dua kali ini,” katanya dikutip Koran Kaltim.

Memet menyebutkan setiap hujan turun kawasan ini tersebut selalu terendam banjir dengan ketinggian selutut orang dewasa.

Namun kali ini, banjir terparah karena tinggi air mencapai pinggang hingga dada orang dewasa.

Meski demikian, banjir tersebut disebut tak akan berlangsung lama karena air akan cepat surut. Namun korban banjir pun harus mengungsi ketempat keluarganya.

“Sehari surut, asalkan sore tidak ada hujan susulan maka Insya Allah surut. Kami sebut banjir lewat sih,” sebutnya.

Tahun ini, kata dia, belum ada rencana penanggulangan banjir tersebut. Pihak desa sudah mengusulkan normalisasi sungai, namun baru bisa bisa dilakukan tahun depan melalui APBN.

“Yang pasti tahun depan sudah kita usulkan, namun belum tahu juga ACC (Disetujui, red) atau tidaknya, kami mengajukan ke APBN untuk normalisasi sungai,” bebernya.

Namun selain akibat pendangkalan sungai, banjir di SP1 itu juga diduga akibat maraknya aktivitas tambang batu bara ilegal atau illegal mining.

Namun mantan Camat Sebulu, Mocfidzar membantah hal tersebut. “Itu daerah lekukan gunung, memang biasa banjir. Ini ‘kan sudah tiga hari turun hujan sejak pagi. Kalo daerah situ jauh dari tambang ilegal, saya tau persis,” terangnya.

Mocfidzar menegaskan pihaknya berharap agar masyarakat tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi kabar banjir besar di Sebulu ini.

“Jadi yang disampaikan oleh Kades, korban mengungsikan barang saja. Alhamdulillah enggak ada korban,” tutupnya. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah