Politik

Puluhan Petugas Verifikasi Faktual di Tarakan Ikuti Rapid Test

Petugas verifikasi faktual dirapid test. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Puluhan petugas verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan pada Pilgub Kaltara dirapid test, Sabtu (27/6/2020).

Rapid test dilaksanakan di dua tempat, yakni Kantor KPU Tarakan, Jalan Sei Sesayap Kampung 6 dan Kantor Kecamatan Tarakan Tengah.

Pelaksanaan rapid test tetap mengikuti protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak, sedangkan petugas kesehatan menggunakan APD lengkap.

Komisioner KPU Tarakan Divisi Teknis Penyelenggaraan, M Taufik Akbar menjelaskan, petugas verifikasi faktual sebelum diberi dokumen dukungan kemudian turun ke lapangan wajib rapid test.

“Jadi hari ini kita melaksanakan rapid tes untuk petugas verifikasi faktual, yakni petugas PPS di 18 kelurahan atau sebanyak 54 orang. Kemudian ditambah sekretariat PPS kurang lebih ada 20-an orang yang akan turun juga membantu verifikasi faktual,” jelasnya.

Rapid tes dilaksanakan sesuai dengan instruksi dari KPU RI yang menerangkan bahwa petugas verifikasi faktual wajib rapid tes.

Rapid tes untuk menjamin bahwa petugas PPS sebelum turun ke lapangan dalam keadaan sehat dan layak bekerja. Sementara itu, apabila ditemukan petugas verifikasi faktual yang reaktif akan diistirahatkan dulu.

“Hasilnya ini (rapid tes) belum ada diterima laporan. Intinya jika ada yang reaktif kita istirahatkan dulu sambil menunggu arahan selanjutnya. Tentu dokumen pemeriksaan itu akan kita laporkan ke pimpinan di atas, yakni KPU provinsi untuk arahan selanjutnya,” ujarnya.

Hasil rapid test diketahui hari ini Sabtu 27 Juni 2020. KPU akan minta hasil rapid test sebagai dasar untuk melanjutkan tahapan, selanjutnya yakni menyerahkan dokumen verifikasi faktual ke PPS.

“Kan sekarang dokumen di PPK, rencana kita agendakan besok penyerahan ke PPS sehingga hasil ini harus kita ketahui hari ini,” tegasnya.

Taufik menambahkan, jika dokumen verifikasi faktual diserahkan ke PPS tanggal 28 Juli, maka pelaksanaan verifikasi faktual berakhir tanggal 11 Juli atau 14 hari.

Jumlah dokumen yang akan diverifikasi faktual sebanyak 12.346 di 18 kelurahan dari 20 kelurahan di Tarakan. (*)

BACA JUGA: Sebelum Turun Lapangan, Petugas Verifikasi Faktual akan Dirapid Test

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah