Tarakan

Puluhan Gazebo di Kawasan Wisata Pantai Amal Ditertibkan

Penertiban gazebo di Pantai Amal oleh Satpol PP. (Foto: Istimewa/Satpol PP Tarakan)

TARAKAN, Koran Kaltara – Puluhan gazebo milik pengusaha kuliner di kawasan wisata Pantai Amal Lama, khususnya yang berada di bibir pantai ditertibkan petugas Satpol PP Kota Tarakan, Jum’at (3/7/2020) kemarin.

Kepala Satpol PP dan PMK Tarakan, Hanip Matiksan mengatakan, penertiban bangunan dilakukan karena merusak pemandangan dan sesuai dengan rencana penataan kawasan wisata Pantai Amal oleh Pemerintah Kota Tarakan.

“Pantai Amal akan ditata keindahannya, masyarakat dilarang membangun gazebo di bibir pantai. Tidak diperbolehkan,” jelasnya, Sabtu (4/7/2020).

Hanip mengatakan, dalam penertiban ini petugas hanya memindahkan gazebo yang berada bibir pantai ke belakang warung.

“Tidak dibongkar hanya dipindahkan. Pak Wali juga minta tidak usah semuanya, sisakan dua gazebo masing-masing pemiliknya,” katanya.

Gazebo yang sifatnya permanen dan tidak bisa diangkat oleh petugas, diserahkan ke pemilik untuk dibongkar sendiri. Masing-masing pelaku usaha kuliner hanya diperbolehkan menyediakan dua gazebo.

Hanip mengungkapkan, sebelum dilakukan penertiban jauh sebelumnya sosialisasi sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tarakan, yakni wali kota secara langsung terkait rencana penataan kawasan wisata Pantai Amal.

“Sebelumnya sudah kita lakukan sosialisasi, bahkan selama PSBB ini juga dilakukan sosialisasi door to door,” terangnya.

Hanip menambahkan, pemerintah akan menata kawasan Pantai Amal, maka masyarakat dilarang membangun gazebo atau rombong di area bibir pantai. Lokasi jualan cukup di warung masing-masing.

“Gazebo maupun rombong yang dipindahkan bukan hanya pemilik warung warga Pantai Amal, namun ada juga beberapa pemilik dari kota yang yang menyewa,” bebernya.

Tidak hanya Personel Satpol PP, penertiban dilakukan bersama Dinas Pariwisata Kota Tarakan, Camat Tarakan Timur, Lurah Pantai Amal, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah