Headline

PSN Baru Bisa Dongkrak Perekonomian Daerah

Trino Junaidi

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Utara, Trino Junaidi menyampaikan, adanya Proyek Strategis Nasional (PSN) baru di Kaltara bisa menjadi motor penggerak yang hebat bagi perekonomian daerah.

“Apabila ada PSN baru yang diletakkan di regional kita, dia pasti akan mendorong, berperan sebagai pengungkit yang hebat bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Trino saat dihubungi Koran Kaltara, Senin (1/6/2020).

Lanjutnya, peran PSN baru dilatarbelakangi besarnya nilai investasi yang memberi efek berganda terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Baik secara langsung dan tidak langsung. “Kenapa bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi yang hebat, karena ada investasi yang ditanamkan di situ. Nantinya bisa menyerap tenaga kerja, yang berarti tingkat pengangguran kita masih bisa diturunkan,” ujarnya.

PSN baru dinilai bisa menyelamatkan perekonomian Kaltara yang di awal tahun 2020 terpaksa menurun drastis akibat pandemi covid-19. “Apalagi di posisi triwulan I dan II ini, perekonomian bisa terjun bebas akibat covid-19. Jadi apabila (PSN baru) benar-benar ada di Kaltara, tentunya harus bisa disegerakan pelaksanaannya,” tambah Trino.

Lanjutnya, efek berganda juga akan terlihat saat PSN sudah dalam tahap operasional. “Dampak pengungkit yang saya maksudkan tadi itu baru di tahap pekerjaan saja. Nanti kalau sudah operasional, tentu lebih lagi member multiplier effect terhadap perekonomian di Kaltara,” jelas Trino.

Pemerintah daerah perlu memprioritaskan serapan tenaga kerja lokal apabila ada usulan PSN baru di Kaltara yang direstui pemerintah pusat. “Semoga saja konsep penyerapan tenaga kerjanya lebih banyak dari lokal. Artinya memang tenaga kerja kita (Kaltara) yang terserap di sana. Dengan begitu, semakin banyak yang memiliki penghasilan. Jadi bisa memberi efek bagus ke daya beli masyarakat,” harap Trino.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah