Pendidikan

Program Pendidikan Kesetaraan Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Jarwoko

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Utara, Jarwoko, meminta agar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan, bisa tetap mematuhi protokol kesehatan selama pandemi covid-19.

Dijelaskan Jarwoko, kuantitas pertemuan PKBM dalam kondisi normal  memang tidak terlalu sering. Namun pelaksanaannya harus tetap dari jarak jauh untuk tahun ajaran 2020/2021 ini. Khususnya saat belum ada penetapan zona hijau oleh pemerintah daerah.

“Kalau (kegiatan pembelajaran) Paket A, B dan C sama saja (dengan pendidikan formal). Semuanya masih harus tetap menggunakan metode jarak jauh,” kata Jarwoko saat dihubungi Koran Kaltara, Minggu (19/7/2020).

“Memang tidak seperti sekolah formal yang mengadakan tatap muka intens. Waktunya lebih fleksibel di program paket ini.Tapi tetap saja untuk tatap muka nya ini tidak diperbolehkan dulu saat ini,” lanjutnya.

Adapun, dijelaskan Jarwoko bahwa pendampingan penyelenggaraan pendidikan kesetaraan ada di Badan Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini – Pendidikan Masyarakat ( BP PAUD-DIKMAS) Kalimantan Timur.

“PKBM termasuk jalur pendidikan non formal. Itu kewenangan langsungnya dari BP PAUD-Dikmas di Kalimantan Timur. Kalau di Kaltara belum ada. Masih gabung di Kaltim. Jadi fungsi sosialisasi dan pendampingannya melekat ke sana,” jelas Jarwoko.

Terpisah, Plh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Firmananur, mengaku tidak bisa banyak berkomentar perihal kegiatan pendidikan kesetaraan di tengah pandemi ini. Menurutnya, teknis pelaksanaan berada di bawah kewenangan pemerintah kabupaten dan kota. Sedangkan di provinsi lebih ke rekapitulasi data saja. “Kalau untuk program paket itu langsung ke kabupaten dan kota saja ya.” kata Firman. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah