Headline

Program Padat Karya Tetap Berlanjut

Padat Karya – Tampak pembangunan jalan lingkungan yang dikerjakan melalui skema padat karya tahun ini. (Foto : Dok/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Program padat karya pada pekerjaan fisik di bawah Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR-Perkim) Kalimantan Utara, dipastikan tetap berlanjut untuk tahun 2021.

Kepala Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Sunardi mengatakan, jumlah kegiatan yang menggunakan skema padat karya, juga akan diperbanyak tahun depan.  Program ini sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi nasional yang dicanangkan pemerintah pusat. Yakni menyediakan lapangan kerja alternatif untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Pasti kita akan jalankan (skema padat karya). Bahkan kita perbanyak tahun depan. Nanti kita lihat dari beberapa bidang itu, mana yang bisa dijalankan dengan pola padat karya,” kata Sunardi, Jumat (25/9/2020).

Pada tahun ini, lebih dari 76 kegiatan akan dikerjakan melalui skema padat karya. Sebagian besar dalam bentuk pekerjaan jalan lingkungan. “Khusus yang di tahun 2020, itu lebih dari 76 kegiatan yang kita lakukan padat karya. Paling tepat memang di bidang perumahan. Yaitu pembangunan jalan lingkungan,” ungkapnya.

Sunardi berharap program ini bisa memberi dampak positif berganda di masyarakat. Pertama dari hasil pekerjaan yang langsung bisa dirasakan. Kemudian yang kedua dari tersedianya lapangan pekerjaan bagi mereka. “Di samping hasil pekerjaannya ini dirasakan langsung oleh masyarakat, juga bisa menggerakkan ekonomi di sana,” pungkasnya.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah