Malinau

Produksi Gabah Bagus, Petani Diberi Reward

Bupati Malinau Wempi W Mawa memberikan reward ke sejumlah  petani. (foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Pemkab Malinau berkomitmen memberikan reward bagi para petani. Tujuannya, agar para petani mampu mendongkrak produksi lahan pertanian dan lahan-lahan tidur dapat difungsikan kembali.

Bupati Malinau Wempi W Mawa mengatakan pemberian reward kepada para petani sudah menjadi bagian dari program Rasda plus.

“Pemberian reward ini agar memberikan semangat bagi para petani dan bisa menjadi pemicu bagi petani lainnya, untuk meningkatkan produksi pertaniannya,” ujar Wempi kepada Koran Kaltara, Kamis (23/9/2021).

Sedangkan untuk proses pemberian reward akan melalui mekanisme yang telah dinilai OPD teknis.

“Ya, pasti ada tahapan-tahapan dan pemberian reward tetap berkelanjutan,” katanya.

Prinsipnya, kata dia, pemberian reward tidak hanya kepada petani Rasda plus, tetapi meliputi bidang perkebunan dan peternakan.

“Dengan pemberian reward ini, pemerintah daerah menghargai jerih payah dari para pelaku penggerak ekonomi di Malinau,” ungkapnya.

Menurut dia, kesejahteraan sudah seyogianya didapatkan secara bersama. Sehingga, program Rasda plus dapat ditingkatkan.

“Diharapkan produksi gabah, baik dari sisi hulu dan hilir dapat tersedia. Sehingga kebutuhan pangan Malinau tersedia dari produksi para petani,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Setda Malinau Erly Sumiati mengatakan, pemberian reward bagi petani yang memiliki produksi gabah ini bertujuan untuk memberikan motivasi. “Tim teknis penilaian ada di Dinas Pertanian,” katanya.

Kedepan, dia berharap program Rasda plus dapat ditingkatkan lagi. “Apalagi informasinya produksi gabah tahun ini berlimpah. Seperti Perusda mengkonversi gabah menjadi beras mencapai kisaran 500 ton,” ujar dia. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

 

TOPIK TERKAIT:

Pertanian Kaltara Kekuatan Baru Negara

Perusda Intimung Optimis Serapan Gabah Capai 400 Ton

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment