Kaltara

Potensi Menjanjikan, Pengusaha Perlu Lirik Sektor Pertanian

Pengusaha diharap bisa melirik potensi bisnis di sektor pertanian. (Foto : Ilustrasi/Net)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pengusaha lokal Kaltara dinilai perlu melirik sektor pertanian. Demikian disampaikan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Utara, Kilit Laing, Selasa (12/1/2021).

Menurut Kilit, investasi di sektor pertanian bagaikan pepatah “sambil menyelam minum air”. Selain memiliki potensi pasar yang besar, juga bisa bantu meningkatkan perekonomian masyarakat. “Saya harapkan kepada para pengusaha, ke depan kita juga bergerak di bidang pertanian. Jangan semua di perdagangan dan konstruksi saja,” kata Kilit.

Berbicara potensi pasar, target konsumen produk pertanian melimpah di Kaltara. Mengingat produksi lokal belum memenuhi permintaan masyarakat. Selain itu, faktor produksi juga didukung ketersediaan lahan cukup luas. “Kalau sudah ada lahan, ada kemampuan,  kita tinggal cari sdm (sumber daya manusia) di sekitar sini saja. Sediakan alat-alat agar produksi efisien, efektif, kuantitas besar dan berkelanjutan,” kata Kilit.

“Kita sasar ekspor juga bisa. Tinggal datangkan tenaga ahlinya dulu. Bagaimana agar produk kita bisa sesuai kriteria pasar luar negeri. Mau itu dijual mentah atau produk olahan,” jelasnya menambahkan.

Dalam jangka waktu panjang, sektor pertanian diprediksi akan lebih menggiurkan. Mengingat ada rencana pemindahan Ibukota Negara Baru di Kalimantan Timur. “Ke depan sudah disebut Kaltara menjadi salah satu penyangga pangan Ibukota Negara Baru,” jelasnya.

Beralih soal peran dalam mendukung perekonomian, Kilit memaparkan, investasi di sektor pertanian bisa menyerap banyak tenaga kerja. Terlebih jika dilakukan mekanisasi pertanian secara profesial, otomatis kesejahteraan tenaga kerja bisa meningkat. “Saat ini hampir 70 persen masyarakat kita itu di sektor pertanian. Tapi itu belum bisa dikatakan berkembang pesat. Butuh adanya investor untuk membantunya,” ungkap Kilit.

Investasi di sektor pertanian juga membantu program strategis pemerintah. Yakni kedaulatan pangan nasional. “Pemerintah sekarang-sekarang ini selalu tekankan pentingnya pertanian. Itu yang juga perlu kita sukseskan,” pungkasnya.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah