Nunukan

Posko Trauma Healing, Hibur Anak Korban Kebakaran Inhutani

Puluhan anak-anak main ular tangga di Posko Trauma Healing. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Personel TNI,  Polri bersama Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Komunitas Wahana Pendidikan Perbatasan (WPP), Komunitas Untuk Beramal (Kumal) dan Saka Bhayangkara Polres Nunukan, mendirikan Posko Trauma Healing di posko pengungsian korban kebakaran Dermaga Inhutani, Pujasera Pasar Malam Nunukan.

Posko ini didirikan sebagai tempat meringankan trauma dan  penyembuhan secara mental pasca bencana. Di samping itu, sebagai tempat bermain sekaligus hiburan untuk puluhan anak-anak korban kebakaran.

Penanggungjawab Posko Trauma Healing, AKP I Eka Berlin mengatakan, sebelum posko tersebut difungsikan, terlebih dahulu dilakukan pendataan terhadap anak-anak korban kebakaran. Lalu dilanjutkan dengan perkenalan dengan memberikan name tag kepada anak-anak. Kemudian dihadirkan dua badut sambil diarahkan untuk bernyanyi.

Selain itu, anak-anak mendengarkan dongeng dan bercerita dalam kelompok. Anak-anak juga diajak untuk bermain ular tangga.

“Akhir dari semua itu, anak-anak diberikan bungkusan berupa makanan ringan,” ujar Berlin, Rabu (13/1/2021).

Ia mengungkapkan, anak-anak yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 38 orang dan merupakan anak korban kebakaran. Dalam pelaksanaannya tetap menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

“Tampak sekali wajah kegembiraan dari anak-anak ini. Semoga mereka kelak menjadi anak yang sukses,” kata Berlin.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nunukan, Jabbar mengatakan,  bantuan yang masuk ke posko luar biasa banyak, dari berbagai sumber. Ada partai politik, perorangan, perusahaan, yayasan, organisasi dan lainnya. Termasuk Tagana Sebatik yang menghimpun bantuan. Sehingga, untuk persiapan masa tanggap darurat ini, sudah lebih dari cukup.

Untuk sementara, penanganan di posko pengungsian yang melibatkan instansi terkait, TNI, Polri dan organisasi sosial cukup baik. Tempat tinggal sementara korban aman karena menempati kios pasar.

Kemudian, dari Dinas PUPR Nunukan menambah dua unit toilet dan sudah siap untuk digunakan, termasuk air bersih dari PDAM dan bantuan sembakonya. (*)

Reporter: Sabri

Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah