Kaltara

Polri Siap Kawal Distribusi Logistik hingga Pedalaman

Kabid Humas Polda Kaltara AKBP Budi Rachmat menerangkan jika Polri siap mengawal proses distribusi logistik dalam Pilkada 2020. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
  • Pastikan Tidak Ada Oknum yang Lakukan Kecurangan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Distribusi logistik pada setiap pesta demokrasi di Kalimantan Utara (Kaltara), merupakan salah satu tahapan yang cukup berat yang tentu akan dihadapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara. Terutama pada mendistribusikan logistik ke beberapa daerah pedalaman yang ada di provinsi perbatasan Indonesia-Malaysia ini.

Untuk memudahkan proses pendistribusian hingga ke daerah pedalaman, KPU Kaltara akan melakukan kerjasama dengan pihak Polri dan TNI. Kerjasama itu merupakan sinergitas yang dibangun dalam rangka menyukseskan pemilihan serentak tahun 2020 di Kaltara ini.

“Kita (Polri) siap membantu KPU untuk proses distribusi logistik. Karena selain untuk memastikan logistik di lokasi, kita juga memastikan tidak ada oknum-oknum yang mencoba melakukan kecurangan dalam proses pendistribusian nanti,” kata Kapolda Kaltara Irjen Bambang Kristiyono, melalui Kabid Humas AKBP Budi Rachmat, Senin (19/10/2020).

Budi menyebutkan, pendistribusian logistik ini memang menjadi atensi khusus pihak kepolisian dalam setiap pesta demokrasi. Apalagi dengan kondisi wilayah Kaltara yang cukup menantang dan beberapa daerah yang harus dijangkau melalui udara.

Selain itu, lanjut dia, proses pendistribusian logistik juga termasuk tahapan paling rentan timbulnya konflik berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan kepolisian. Oleh karena itu, sebagai penanggung jawab atas keamanan dalam Pilkada, pendistribusian logistik akan terus mendapatkan pengawalan hingga kedaerah pelosok.

“Distribusi logistik ini juga rawan timbul adanya gangguan kamtibmas. Apalagi kan daerah kita disini, ada beberapa yang harus di jangkau melalui udara. Ada yang bisa dilalui melalui sungai, tapi medannya cukup berat. Makanya kita amankan, sampai benar-benar (logistik) tiba di lokasi tujuan,” jelasnya.

Untuk personel yang dilibatkan, lanjut Budi, tetap akan mengandalkan personel yang tergabung dalam operasi Operasi Mantap praja 2020. Untuk jumlah yang akan mengawal logistik pilkada, Budi mengungkapkan akan ditentukan jika proses pendistribusian akan dilakukan.

Untuk saat ini, ia menegaskan jika pihaknya bersama dengan jajaran TNI siap mengamankan setiap tahapan pilkada 2020 di Kaltara. Termasuk mengawal proses pendistribusian logistik hingga ke wilayah pelosok.

“Untuk anggota yang terlibat (mengawal logistik) kemungkinan akan diambil dari personel operasi mantap praja 2020 itu. Nanti juga tidak hanya dikawal sama Polri, tapi TNI juga. Intinya kita sudah siap mengamankan semua tahapannya (pilkada) nanti,” tutup Budi. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah