Bulungan

Polisi Turun Tangan Perbaiki Jalan Berlubang

Tampak aparat kepolisian yang memperbaiki jalan berlubang. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sejumlah titik ruas jalan yang mengalami kerusakan mendapat perhatian serius dari aparat kepolisian. Sejumlah anggota Korps Bhayangkara terpanggil untuk melakukan perbaikan dengan cara menimbun pada titik jalan yang berlubang tersebut. Hal ini dilakukan, karena rawan menjadi penyebab kecelakaan lalulintas.

Untuk tahap awal, jalan yang diperbaiki adalah jalan yang menuju beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Bulungan. Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit, melalui Kabid Humas Kombes Pol Berliando mengatakan, perbaikan jalan ini dilakukan untuk mengurangi kecelakaan lalulintas. Karena diketahui sendiri, jalan yang ditimbun jajarannya itu cukup mengalami kerusakan cukup parah dan sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Kalau dibiarkan begitu (berlubang), kan sangat berbahaya. Apalagi beberapa titik jalan di sini, tidak ada penerang jalan umumnya. Jadi kalau malam, sangat berpotensi terjadi kecelakaan,” katanya saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Kamis (30/7/2020).

Berliando menjelaskan, jalur-jalur yang diperbaiki jajarannya itu juga merupakan jalur perlintasan banyak kendaraan. Apalagi jelang libur lebaran Iduladha 1441 hijriah nanti, intensitas kendaraan diperkirakan akan meningkat dibandingkan hari-hari biasanya.

Sehingga untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas, maka perbaikan jalan yang di akomodir oleh jajaran Direktorar Lalu Lintas (Dit Lantas) langsung menambal di titik-titik berlubang.

“Ini kan jalur ke objek wisata. Kalau setelah lebaran (Iduladha) nanti, pasti banyak yang melalui jalan ini. Apalagi libur (lebaran iduladhan) ini bertepatan dengan akhir pekan. Makanya supaya tidak terjadi kecelakaan karena jalan berlubang, maka segera kita perbaiki,” jelasnya.

Lanjut kata Berliando, perbaikan jalan yang rusak itu juga merupakan bagian dari Operasi Patuh Kayan 2020. Selain fokus pada pengamanan lebaran idhuladha nanti, jalur-jalur yang biasanya dilalui untuk berlibur juga jadi perhatian.

“Kita harapkan, libur lebaran kali ini berjalan aman dan lancar. Terutama tidak terjadi kecelakaan. Kita juga meminta masyarakat, untuk lebih berhati-hati ketika berkendara. Tidak ngebut-ngebut di jalan dan tidak melakukan konvoi,” tutupnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah