Kaltara

Polisi Petakan Potensi Kerawanan Pilkada di KTT

AMANKAN PILKADA - Para personel Polres Bulungan siap mengamankan Pilkada KTT tahun 2020. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Bulungan telah melakukan pemetaan kerawanan Pilkada di Kabupaten Tana Tidung (KTT).  Polisi menganggap jika semua tahapan-tahapan Pilkada termasuk di KTT sangat berpotensi muncul adanya gesekan yang bisa menyebabkan gangguan kamtibmas.

“Kalau untuk di KTT, menurut kami hampir (potensi kerawanan) sama dengan di Bulungan. Tensi daripada kegiatan demokrasi  di KTT dan Bulungan juga semuanya cukup tinggi. Setiap tahapan-tahapan itu, pasti berpotensi menyebabkan gangguan kamtibmas,” kata Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro, Selasa (15/9/2020).

Menanggapi tingginya intensitas dinamika politik di KTT saat ini, Kapolres menganggap, merupakan hal yang lumrah. Akan tetapi, pihaknya juga sudah melakukan pengamanan secara pre-entif. Sebagai penanggung jawab atas keamanan, pemetaan adanya potensi gesekan antar pendukung calon di kabupaten termuda di Kaltara tersebut sudah dilakukan. “Sebenarnya kita sudah ada personel yang kita geser kesana (KTT). Satgas pre-entif khususnya dari satuan intelejeni sudah ada di sana,” ungkapnya.

Meski tensi politik di kabupaten tersebut sudah terlihat memanas, namun dalam waktu dekat kemungkinan belum ada personel untuk Bantuan Kendali Operasi (BKO) yang akan dikirim ke daerah tersebut.

Personel akan digeser ke KTT pada saat akan memasuki tahap penetapan calon yang akan maju dalam pesta demokrasi didaerah itu. Ada sekitar 100 orang personel dari Polres Bulungan yang disiapkan untuk mengamankan KTT ketika sudah memasuki tahap penetapan calon.

“Kita belum ada pergeseran personel dalam waktu dekat ini. Kita masih andalkan personel disana (Personel Polsek). Tapi KTT tetap juga akan dalam pengendalian kita. Nanti pada saat tahapan penetapan calon, ada satu kompi (100 personel) yang sudah siap kita geserkan kesana,” ungkapnya.

Namun jika kemudian dalam waktu dekat, terjadi gesekan-gesekan antar calon maupun pendukung, maka personel yang telah disiapkan itu akan langsung di geser. Karena diketahui sendiri, para pendukung calon saat ini juga sudah terlihat melakukan geliat yang berpotensi menimbulkan kekacauan.

“Kalau memang terjadi apa-apa, kita sudah siap. Baik dari personel, kemudian sarana dan prasarana, dan lain-lainnya kita sudah siap. Jadi apabila ada kejadian dan sebagainya, kita akan turun langsung back up,” imbuhnya.

Meski begitu, sesuai dengan laporan yang diterima, untuk situasi kamtibmas pesta demokrasi di Kabupaten Bulungan dan KTT masih tergolong kondusif. Hingga saat ini, belum ada kejadian yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas.

Alhamdulillah sampai saat ini masih kondusif. Mungkin yang paling kita antisipasi itu, pada saat adanya pertemuan antar pendukung (bapaslon) saja. Karena bisa jadi ada bentrok. Tapi kalau sampai ini kan, tahapannya belum lagi. Tapi insyaallah kita bisa amankan dan Pilkada tetap aman dan damai,” tutupnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah