Headline

Polda Andalkan Personel di Tarakan saat Debat

Kabid Humas Polda Kaltara, AKBP Budi Rachmat.
  • Mininalisir Ancaman Kamtibmas, Lokasi Bakal Disterilkan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Selain Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara, kepolisian juga melakukan sejumlah persiapan pengamanan di lokasi debat. Debat paslon kepala daerah babak I akan digelar pada 25 Oktober 2020.

Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono melalui Kabid Humas AKBP Budi Rachmat mengatakan, untuk pengamanan, pihaknya akan mengandalkan personel yang ada di Tarakan. Berdasarkan informasi dari KPU Kaltara, untuk debat perdana Cagub dan Cawagub Kaltara akan digelar di Bumi Paguntaka.

“Kita sudah menyusun rencana pengamanan jelang debat nanti. Melalui operasi Mantap Praja, setiap tahapan-tahapan memang kita amankan. Pada saat debat, tentu personel di Tarakan di-back up dari personel kita (Polda Kaltara) juga akan melakukan penjagaan di area lokasi debat,” kata Budi, Rabu (21/10/2020).

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), di gedung maupun di sekitar lokasi debat juga akan dilakukan strelisasi oleh satuan Brimob Polda Kaltara. Langkah ini, kata Budi, untuk mengantisipasi adanya ancaman-ancaman yang bisa menyebabkan gangguan kamtibmas.

“Kita juga antisipasi, siapa tahu ada oknum yang mau menganggu jalannya debat nanti. Makanya sebelum waktu debat nanti, akan distrelisasikan dulu oleh Brimob. Itu juga kan sesuai dengan SOP-nya,” jelas Budi.

Tidak hanya pengamanan, dalam prosesi debat perdana nantinya, kepolisian akan menegakkan penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19. Tak terkecuali, termasuk juga kepada  paslon.

“Termasuk di pintu masuk nanti, akan kita siapkan tim medis juga. Jadi semua yang memasuki ruangan (debat), akan dilakukan pengecekan suhu (tubuh) dulu. Kemudian di dalam ruangan juga, harus menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Dalam pengamanan debat Cagub dan Cawagub Kaltara, kata dia, memang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Lagi-lagi ia menegaskan, kepolisian tetap akan menegakkan protokol kesehatan. Sementara untuk personel yang disiapkan, Budi mengungkapkan tidak sebanyak seperti pengamanan dalam debat sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Jadi pengamananya juga akan lebih mudah. Karena mungkin juga, personel yang kita turunkan, tidak sebanyak seperti sebelum ada Covid-19 ini. Tapi kita tetap berupaya meminimalisir segala kemungkinan adanya gangguan yang terjadi. Makanya kita akan sterilkan dilokasi nanti,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah